PUNCAK HAUL EYANG HASAN MAULANI UNDANG HABIB UMAR AL-MUTOHAR




Seputarkuningan.com - Kabar gembira untuk kaum muslimin dan muslimat di Kabupaten Kuningan dan sekitarnya. Puncak peringatan haul Eyang Hasan Maulani bakal diisi tablig akbar oleh Al-Habib Umar Bin Ahmad Al-Mutohar dari Semarang. Kepastian tersebut didapat setelah perwakilan panitia yang dipimpin KH M Ma’shum bersilaturahmi ke kediaman Habib di Gunungpati Semarang pada bulan Februari 2020.

Ketua SC Haul, H Yayan Sofyan menerangkan tablig akbar akan digelar pada Sabtu pagi 7 Maret 2020. Acara tersebut dipusatkan di komplek makam rambut Eyang Hasan Maulani desa Lengkong kecamatan Garawangi. Rangkaian acara puncak akan dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai lepas waktu dzuhur.

“Sudah ada perwakilan panitia dipimpin oleh KH M Ma’shum didampingi sekretaris SC Asep Z Fauzi dan bendahara OC kang Aam yang bersilaturahmi ke kediaman Habib di Semarang. Insya Allah Habib Umar Bin Ahmad Al-Mutohar sudah siap mengisi tablig akbar pada puncak haul Eyang Hasan Maulani ke-150. Informasi ini sekaligus ralat karena awalnya kami agendakan tanggal 8 Maret 2020,” jelas Yayan, Selasa (3/3/2020).

Sementara Ketua OC Haul, Irfan Fauzi menjelaskan rangkaian kegiatan Haul sudah berlangsung sejak 1 Maret 2020. Antara lain diisi kegiatan berupa Anjang Sono keluarga besar keturunan Eyang Hasan Maulani. Berikutnya pada hari Kamis 5 Maret digelar ziaroh ke maqbaroh para masyayikh di Citangtu, Tanjungsari dan Karangmangu. Serta pada Jum’at 6 Maret ke maqbaroh para masyayikh di Lengkong.

“Nah, puncak acara Haul tahun ini akan diisi dengan tabligh akbar oleh Al-Habib Umar Bin Ahmad Al-Mutohar dari Semarang. Oleh karena itu kami mengundang kaum muslimin wal muslimat untuk berbondong-bondong hadir di lokasi acara yaitu di komplek makam rambut Eyang Hasan Maulani desa Lengkong,” jelas Irfan Fauzi yang kini menjabat Kepala Desa Lengkong.

Guna menyukseskan kegiatan Haul, Irfan menuturkan saat ini pihaknya beserta jajaran panitia terus mematangkan berbagai persiapan. Mulai dari penataan tempat, koordinasi pengawaman, menyiapkan perangkat acara sampai kebutuhan logistik acara. Mewakili panitia dirinya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi untuk kelancaran acara Haul Eyang Hasan Maulani.

“Persiapan puncak Haul terus kami matangkan. Insya Allah persiapan sudah mencapai 80%. Mohon doa restu dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Kuningan agar kami jajaran panitia diberi kelancaran dan kemudahan, sehingga acara puncak Haul berjalan sukses dan jadi berkah untuk Kabupaten Kuningan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Eyang Hasan Maulani adalah tokoh Islam asal Desa Lengkong yang sangat berpengaruh di penghujung abad ke 18. Karena khawatir atas pengaruhnya, kolonial Belanda menangkap beliau pada 17 Shafar 1258 H atau 29 Maret 1842 M. Belanda mengasingkan Eyang Hasan Maulani ke berbagai tempat hingga beliau wafat pada 12 Rabi’ul Awal 1291 H atau 30 April 1874 M dan dimakamkan di daerah Tondano Kabupaten Minahasa Sulawesi Utara. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.