POLISI GAGALKAN SENILAI MILYARAN RUPIAH UANG DOLAR PALSU SIAP EDAR

Kapolres Kuningan saat menunjukkan barang bukti uang palsu


Seputarkuningan.com - Polres Kuningan ungkap peredaran uang dolar Amerika Serikat palsu senilai Rp 1 Milyar lebih. Uang palsu tersebut berbetuk pecahan 100 dollar sebanyak 732 lembar keluaran terbaru dan 4 lembar uang kertas dollar pecaahan 100 keluaran lama.

Kasus ini terungkap berawal ketika Satuan Lantas Polres Kuningan melaksanakan razia kendaraan di Terminal Kertawangunan Kuningan pada Sabtu (7/3/2020) sekitar pukul 09,00 Wib. Kemudian 1 (Satu) Unit kendaraan roda empat Toyota New Avanza, Tahun 2015, Warna Putih, Nopol DA 8197 AY melintas dan ketika di berhentikan dan di lakukan pemeriksaan terdapat kejanggalan antara STNK dan nomor polisi mobil yang digunakan. Serta SIM yang ditunjukkan oleh supir berbeda identitasnya. Atas kecurigaan tersebut, mobil beserta penumpangnya di bawa ke Mapolres Kuningan untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

" Ketika dilakukan pemeriksaan ternyata nomor rangka dan nomor mesin mobil pun berbeda dengan STNK yang ditunjukkan. Lalu, di dalam mobil tersebut terdapat 1 buah tas slempang warna abu yang di dalamnya terdapat 736 uang dolar pecahan 100 palsu," ucap Kapolres Kuningan AKBP Lukman Syafri Dandel Malik saat jumpa pers di Halaman Satreskrim Polres Kuningan, Selasa (9/3/2020).

Pelaku berinisial AM merupakan warga Jalan Raya Caman Kelurahan Jatibening Kecamatan Pondokgede Kota Bekasi. Dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku dari Yogya menuju Kuningan kemudian akan kembali lagi ke wilayah Jawa Tengah. 

" Dugaan, pelaku akan mengedarkan uang palsu tersebut di Kuningan dan Jawa Tengah," kata Kapolres.

Kapolres menambahkan, pihak Satreskrim masih melakukan pengembangan terhadap kasus tersebut, karena diduga ada jaringan lainnya.

Pelaku telah melanggar pasal 244 dan 245 KUHP tentang pemalsuan uang dan pengedaran uang palsu dengan ancaman hukuman maksimal 15 tahun penjara. (Elly Said)









No comments

Powered by Blogger.