PEGIAT SOSIAL INI USULKAN 'LOCKDOWN' SEBAGAI UPAYA CEGAH VIRUS COPID-19


 Seputarkuningan.com - Menurut salah seorang pegiat sosial, Amar Thohir, bahwa salah satu upaya untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 atau Corona adalah dengan melakukan karantina wilayah atau lockdown.  Sekertaris Jaring Pengaman Ummat (JPU) sekaligus Divisi Sosial Ma'had Taufiq Mubarok ini menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Kuningan dirasa perlu segera melakukan lockdown atau karantina wilayah untuk menghambat penyebaran virus Corona yang ada di Kabupaten Kuningan.

"Alhamdulillah saat ini wabah di Kuningan termasuk wilayah yang masih bisa di kendalikan, namun harus segera mengantisipasi dengan melakukan karantina wilayah agar tidak memperbesar resiko penyebaran," kata Amar kepada seputarkuningan.com, Senin (23/3/2020).

Menurut Amar, apabila dilakukan karantina wilayah, diharapkan dampak negatif yang ditimbulkan bisa lebih kecil dibanding harus mengkarantina individu di dalam rumah jika sudah terlanjur terdampak dan sulit dikendalikan. 

Dampak terbesar salahsatunya adalah kemungkinan lumpuhnya roda perekonomian. Jika terpaksa harus dikarantina didalam rumah, maka setiap kegiatan sebagian besar akan terhenti termasuk mencari nafkah untuk menyambung hidup.

"Jika karantina didalam rumah maka kegiatan mencari nafkah baik berdagang maupun bekerja terpaksa harus terhenti. Pedagang tidak akan bisa berjualan, pekerja pun terpaksa dihentikan dan tidak bisa mencari nafkah untuk menyambung hidup," ujar Amar.

Amar menambahkan, sebagai umat beragama terutama mayoritas agama Islam telah diajarkan oleh Rasulullah bahwa apabila terjadi wabah disatu wilayah maka dianjurkan untuk mengkarantina wilayah tersebut agar tidak menyebar ke wilayah lain.u

"Rasulullah Bersabda :' Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu," ungkap Amar, menukil salahsatu Hadits yang diriwayatkan oleh Imam Al-Bukhori.

Tapi, jika memang kondisinya sudah tidak memungkinkan, lanjut Amar , apapun kebijakan yang diambil Pemkab Kuningan sebaiknya ditaati dan didukung oleh seluruh masyarakat demi kemaslahatan bersama. Menurutnya, semua harus bersinergi untuk bersama-sama melawan Corona.

"Kita harus turut berjuang bersama Pemerintah, ini ladang jihad. Kita sama-sama berjihad saling membantu untuk keluar dari masa sulit ini. Kita juga harus memikirkan nasib saudara-saudara kita terutama yang berada dibawah garis kemiskinan, baik untuk persediaan pangan selama dikarantina maupun hal-hal lainnya," tandas Amar.

Rencananya, sebagai antisipasi, dengan pegiat-pegiat sosial lainnya akan bersinergi untuk menggalang donasi baik untuk stok pangan warga sangat miskin, masker, hand sanitizer, maupun cairan disinfektan untuk warga sangat miskin guna dapat bersama-sama melakukan pencegahan penyebaran virus Corona.

"Selain do'a sebagai senjata utama, kita juga wajib ikhtiar. Kita akan mencoba berkoordinasi dengan pemerintah dan pihak lainnya untuk sama-sama berjuang melawan Corona. Semoga Allah melindungi kita semua dan bencana ini segera berakhir," pungkas Amar. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.