OPERASI AMAN NUSA II 2020, CARA POLRI BANTU PENANGANAN VIRUS CORONA



Seputarkuningan.com - Polri menggelar operasi terpusat Kontijensi Aman Nusa II 2020 selama 30 hari ke depan dalam rangka penanganan virus corona di seluruh wilayah Indonesia. Selama melakukan operasi Aman Nusa II 2020 ini, Polres Kuningan beserta seluruh jajaran berkoordinasi dengan BPBD, TNI dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dengan mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan serta penegakkan hukum.

Hal ini diungkapkan Kabag Ops. Polres Kuningan Kompol Tri Sumarsono saat memaparkannya pada Rakor Pencegahan dan Penanganan Penyebaran Covid-19 di Kabupaten Kuningan bertempat Aula Wira Satya Pratama Polres Kuningan, Senin (23/3/2020).

Dalam pemaparannya, Tri mengatakan dampak secara umum akibat adanya virus copid-19 ini adalah kepanikan masyarakat, penghentian giat belajar mengajar, penurunan aktifitas pariwisata, penundaan event-event olahraga, giat rutin masyarakat terganggu dan penurunan kualitas kesehatan masyarakat. Sedangkan jika diberlakukan lockdown, maka akan berdampak terjadinya penjarahan, adanya provokasi anarkis, kelangkaan dan penimbunan sembako, terjadinya penganiayaan, perkelahian serta tindak pidana lainnya.

"Maka dari itu, kami dari Polres Kuningan akan membentuk satgas-satgas yang nantinya melibatkan TNI, Pemkab Kuningan, Ormas/LSM dan juga masyarakat," ujar Tri.

Tugas Satgas ini antara lain, melakukan mapping wilayah rawan penyebaran virus copid-19, melakukan penggalangan terhadap tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk ikut serta dalam antisipasi penyebaran virus copis-19, lakukan PAM tertutup terhadap rumah sakit rujukan, patroli di wilayah rawan sebaran virus dengan menggunakan alat ukur suhu tubuh, penjagaan pusat ekonomi, penjagaan obyek vital, lakukan himbauan kepada masyarakat agar hindari keramaian dan lakukan hidup bersih serta sterilisasi obyek keramaian.

"Untuk penegakkan hukum, pihak kepolisian akan menindak pelaku penimbunan bahan makanan dan kesehatan, dan juga penindakan terhadap pelaku penyebar hoax," ujar Tri. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.