NASIB DRIVER ONLINE DI TENGAH PANDEMI VIRUS CORONA,INCOME TURUN DRASTIS

Seputarkuningan.com - Para driver online atau taksi online mengeluhkan penghasilannya yang merosot lantaran merebaknya wabah virus covid-19 atau virus corona. Salah satu pengemudi taksi online, Atik Girin mengatakannya pendapatannya turun drastis hingga 70%. Atik menganggap, merosotnya jumlah penumpang akibat kekhawatiran masyarakat terhadap virus corona.

"Kondisi paling parah saya alami hampir satu minggu ini. Semenjak diberlakukannya work from home dan anak-anak sekolah diliburkan, orderan jadi sepi," kata Atik dalam perbincangannya dengan seputarkuningan.com, Kamis (26/3/2020).

Atik bercerita, pendapatannya mulai terasa turun setelah semua sekolah libur dalam pencegahan corona. Pemindahan belajar dari ruang ke rumah mulai terasa sepi. Apalagi saat ini ada himbauan untuk work from home dan social distance terasa sekali penurunan penghasilannya.

"Saat ini dalam satu hari paling dapat orderan 3 x. Belum dipotong oleh aplikator sebanyak 20%. Contohnya, hari saya dapat orderan 3x dengan total Rp 72.000, dipotong uang jasa per order Rp 3.000 jadi Rp 9.000 sisa Rp 63.000, kemudian dipotong aplikator 20%, sisa uang Rp 50.400. Belum untuk makan, minum dan rokok. Itu hitungan realnya. Jadi yaa gak ada buat dibawa pulang ke rumah," keluh Atik.

Sisi lain, Atik ambil mobil lewat leasing ini harus membayar angsurannya sebesar 3 juta rupiah setiap bulannya.

"Mau dapat uang dari mana untuk nutupi angsurannya kalau kindisinya seperti sekarang," ujar Atik.

Bukan berarti Atik menyerah karena kondisi ini, setiap harinya Atik tetap membuka orderan secara online maupun offline. Atik berharap pihak aplikator dapat mengerti situasi saat ini salah satunya dengan menghilangkan potongan yang 20 % selama merebaknya virus corona.

"Saya tidak menyalahkan pemerintah, ini karena adanya wabah virus corona. Saya juga sangat berharap agar intruksi dari Pak Presiden untuk melonggarkan cicilan dapat diterapkan secepatnya," pungkas Atik. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.