IMBAS CORONA STOK DARAH PMI KUNINGAN MENIPIS


Seputarkuningan.com - Mewabahnya Virus Corona (Covid-19) turut berdampak pada ketersediannya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kuningan. Adanya virus corona ini membatalkan banyak agenda yang telah disusun oleh PMI Kuningan. Satu diantaranya donor darah yang biasa dilakukan secara massal.

Akibatnya, stok darah di PMI hanya mencukupi untuk kebutuhan dua hari ke depan. Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Kuningan dr. Dedy Kurnia  menyebutkan menipisnya stok darah ini terjadi sejak dimulainya himbauan Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk menunda aktifitas pengumpulan massa.

"Biasanya kan PMI selalu mengadakan acara donor dara yang dapat menghasilkan darah sebanyak 100 labu ataupn lebih. Sejak adanya wabah virus corona ini, kegiatan tersebut otomatis dihentikan. Untuk dua hari ke depan persediaan stok darah masih stabil. Saat ini kami masih memiliki stok darah 180 labu untuk golongan darah O dan AB saja, sedangkan untuk golongan darah A dan B kami sudah tidak memiliki stok darah per hari ini hanya sisa 3 labu saja," ujar dr Dedy kepada awak media saat ditemui di Kantor PMI Kabupaten Kuningan, Selasa (31/3/2020).

Untuk mengantisipasi kekurangan stok darah akibat makin mewabahnya virus corona ini, Dedy mengaku melakukan beberapa langkah jemput bola. Di antaranya melalui broadcast melalui SMS kepada para pedonor untuk melakukan donor.                                                                                 

"Di PMI kan ada daftar nama pendonor berikut nomor hpnya, jadi alternatif lainnya kami hubungi para pendonor ini melalui broadcast untuk melakukan donor di kantor PMI," kata Dedy.

Jika kondisi normal, lanjut Dedy, PMI Kuningan dapat menyediakan stok darah sebanyak 100 labu setiap hari dari berbagai golongan darah. Dalam kondisi saat ini, PMI hanya dapat menunggu datangnya para pedonor ke kantor PMI.

"Saya berharap situasi secepatnya kembali normal. Bagi warga yang membutuhkan darah, agar dapat membawa pendonor langsung ke kantor PMI," pungkas Dedy. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.