DITINGGAL BELI ROKOK, RUMAH ADING HANGUS TERBAKAR


Seputarkuningan.com - Warga di Dusun Puhun Rt 01 Rw 02 Desa Cipancur Kecamatan Kalimanggis dibuat panik, Senin (16/3/2020). Pasalnya, rumah milik Ading yang bekerja sebagai Linmas Desa Cipancur hangus terbakar. Menurut keterangan dari korban (Ading-Red), sekitar pukul 18.00 Wib dirinya sedang memasak air di atas tungku, kemudian korban meninggalkan rumah untuk membeli rokok. Saat korban kembali ke rumah, terlihat api sudah membakar sebagian dapur.

"Saya tinggal sebentar ke warung untuk beli rokok, pas nyampe rumah api sudah membakar sebagian dapur," ucap Ading.

Warga bersama aparat desa mencoba membuka pintu yang terkunci, akan tetapi warga tidak berani masuk terlalu dekat dikarenakan kobaran api sudah membesar. Akhirnya, salah seorang perangkat desa meminta bantuan kepada Tim Damkar. Hampir sekitar satu jam, dengan dibantu anggota Polsek Cidahu dan Koramil Cidahu serta warga sekitar api dapat dipadamkan sekitar pukul 21.05 Wib.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya kerugian materi sekitar Rp 121.250.000 yang mencakup bangunan seluas 7m2 x 12 m2 dengan total kerugian Rp 106.250.000 dan peralatan rumah tangga dengan kisaran kerugian sebesar Rp 15.000.000. Sementara ini korban membutuhkan perbaikan rumah, pakaian, makanan dan kebutuhan lainnya.

Sementara itu, Kepala UPT Damkar Satpol PP Kuningan Mh. Khadafi menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dengan segala bentuk potensi kebakaran :seperti tungku,  kebocoran tabung gas, konsleting listrik dan lain-lain. Selain itu, diperlukan  peran aktif Aparat Pemerintahan Desa Setempat, agar bisa memberikan pemahaman tentang Sistem Proteksi Aktif untuk usaha pencegahan kebakaran. Dengan menyediakan apar, tandon air, hydran dan lain-lain dilingkungan pemukiman penduduk.

"Ketika terjadi kebakaran agar segera melaporkan kepada Tim Damkar," ujar Khadafi. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.