PENYETARAAN GENDER, DPPKB3A KUNINGAN GELAR BIMTEK


Seputarkuningan.com - Dinas Pengendalian Pendudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kuningan menggelar Bimbingan Teknis Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender bagi Aparat Perencana kegiatan di SKPD se – Kabupaten Kuningan. 

 Agenda yang berlangsung selama dua hari itu, sejak Selasa  - Rabu (11-12/2) di Hotel Grand Cordela Kuningan itu, dibuka oleh Asisten Adminitrasi Umum Setda Kuningan H. Raji, didampingi Kepala DPPKBP3A Kuningan Hj. Poppy N. Puspitasari dan Sekretaris DPPKBP3A Kuningan Tedy Noviandi. 

Dalam sambutannya, Kepala DPPKBP3A Kuningan Hj. Poppy N. Puspitasari mengatakan tujuan penyelenggaran bimtek  tersebut bahwa masih terdapat ketidaksetaraan dan ketidakadilan gender, sehingga diperlukan strategi pengitegrasian gender melalui perencanaan, penyusunan, pelaksanaan, penganggaran, pemantauan dan evaluasi atas kebijakan program dan kegiatan pembangunan daerah. 

“Upaya mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender ini perlu upaya percepatan implementasi pengarustamaan gender pada seluruh satua organisasi perangkat daerah di lingkup Pemkab Kuningan,” ujar Poppy. 

Dengan adanya Bimtek ini, lanjut Poppy, diharapkan adanya perubahan pola pikir system perencanaan program dan kegiatan SKPD agar lebih responsive gender, kemudian adnaya keterbukaan dan memberikan informasi dan data tentang masalah ketimpangan gender dan potensi sumber daya pemecahannya. 

Sementara itu, Asisten Administrasi Umum Setda Kuningan H. Raji menyampaikan bahwa percepatan pengarustamaan gender untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan dan perlindungan anak menjadi persoalan penting dalam mendorong misi ketiga pembangunan kuningan yaitu mewujudkan manajemen layanan pendidikan, kesehatan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumberdaya manusia Nu Sajati. 

“Maka atas nama pemerintah daerah, kami berharap perencanaan dan penganggaran responsive gender mampun terintegrasi dalam system prencananan pembangunan, kemudian mampu mendongkrak indicator pembangunan gender, sekaligus upaya dalam persiapan target peraihan Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya kategori Utama di tahun 2020 ini,” ujar Raji. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.