LAUNCHING YAYASAN BANTUAN HUKUM, BERI EDUKASI HUKUM KEPADA MASYARAKAT

Talk Show dalam rangka Launching YBH Kuningan

Seputarkuningan.com - Guna memberikan edukasi hukum kepada masyarakat dan memberikan bantuan hukum, maka dibetuklah Yayasan Bantuan Hukum (YBH) Kuningan yang berdiri atas kesamaan pandang dari beberapa aktivis dan pemerhati hukum terkait kondisi pemahaman masyarkat terhadap hukum dan kebutuhan masyarakat berdasarkan banyak timbulnya problematika-problematika hukum yang dihadapi oleh masyarakat. 

"Tujuannya adalah pertama untuk memberikan edukasi hukum kepada masyarakat secara luas, khususnya bagi masyarakat awam yang ada di daerah-daerah agar menambah wawasan terkait pengetahuan hukum, sehingga masyarakat berani untuk melakukan pembelaan bagi dirinya sendiri atau minimal bisa melaporkan problematika yang terjadi di lingkungannya kepada aparat yang berwajib," ujar Ketua YBH Kuningan Asep Komarudin kepada seputarkuningan.com usai melakukan Launching YBH di Kedai Salma Kuningan, Minggu (2/2/2020).

Lebih lanjut Asep menjelaskan,  bahwa tujuan lainnya adalah untuk melakukan bantuan hukum kepada masyarakat umum, terkait problematika hukum yang dialami masyarakat berupa pendampingan hukum secara litigasi dan non-litigasi (di luar pengadilan).

Sementara itu, Pembina YBH Kuningan Imam Hidayat menambahkan, bahwa YBH Kuningan dibentuk sebagai aktualisasi keilmuan dan bekal yang didapat oleh teman-teman untuk penyaluran bantuan kepada publik, agar dapat membantu masyarakat untuk berkonsultasi hukum terhadap permasalahan hukum yang saat ini banyak dialami masyarakat. 

" Semoga YBH ini dapat menjadi sarana publik yang dapat membantu mencerdaskan masyarakat dan mengagas masyarakat sadar hukum." ujar Imam.

Grand Launching YBH Kuningan ini dikemas dalam bentuk talkshow ini mengundang beberapa narasumber  diantaranya dari Akademis Hukum UMC Sarip, S.H., M.H, AKP. Danu Raditya Atmadja., S.E., S.Ik., M.H. Kasat Reskrim Polres Kuningan, dan Drs. Ahmad Nashohah, M.H. Wakil Pengadilan Agama Kuningan.

Giat yang bertemakan "Membangun Masyarakat Sadar Hukum" tersebut oleh para narasumber disambut baik dan diapresiasi. 

"Adanya YBH Kuningan sebagai lembaga publik yang dapat mendorong edukasi hukum bagi masyarakat." kata Sarip Akademisi UMC yang diamini oleh narasumber lainnya. (Elly Said)

No comments

Powered by Blogger.