BIAYA MAKAN NAPI DI LAPAS KUNINGAN RP 19.000 SEHARI

Seputarkuningan.com - Anggaran untuk makan narapidana (Napi) di Lapas Kelas IIA Kuningan cukup memprihatinkan. Pada tahun ini, pemerintah pusat melalui Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkuham) menganggarkan Rp 19.000 per napi setiap harinya. Jumlah tersebut setelah dipotong  oleh pajak, jumlahnya hanya sekitar Rp 17.000 per orang.

Kepala Lapas Kelas IIA Kuningan Gumilar Budirahayu melalui Kasi Bindik Lapas Kuningan Ratri Eko Saputro membenarkan hal tersebut. Menurut Ratri, jumlah tersebut untuk biaya makan untuk tiga kali makan dalam sehari. Jika dirinci, dengan jatah Rp 17.000 untuk satu terpidana maka satu kali makan mendapat jatah sekitar Rp 5.600.

"Menu yang kami sajikan di sini tentunya disesuaikan dengan anggaran yang ada. Akan tetapi kami tetap menyajikan makanan dengan menu sehat," kata Ratri kepada seputarkuningan.com usai mengikuti vidio conference di Aula Lapas Kuningan, Kamis (27/2/2020).

Soal makanan, kata Ratri, meski hanya Rp 5.600 sekali makan soal menu makanan tetap diperhatikan. Bahkan hampir setiap hari ada daging ayam yang menjadi menu makan walaupun dengan potongan seadanya.

" Untuk yang masak ada bagian khusus yang meracik bumbunya dan dibantu dengan 10 orang napi binaan di sini," pungkas Ratri. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.