AWAL TAHUN, KANTOR DISDUKCAPIL KUNINGAN DISERBU WARGA

Antrian warga di Kantor Disdukcapil Kabupaten Kuningan

Seputarkuningan.com - Awal tahun 2020, Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kuningan ramai oleh warga yang mengurus dokumen kependudukannya. Pengurusan dokumen mengalami peningkatan hingga tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Pantauan seputarkuningan.com di lokasi, tampak antrian warga hingga mencapai halaman luar kantor Disdukcapil Kabupaten Kuningan. Menurut keterangan Kepala Dinas Disdukcapil Kabupaten Kuningan Zulkifli menyampaikan, bahwa pada hari ini (Kamis, 2/1/2020) merupakan pemberian KTP perdana bagi warga yang berusia 17 tahun. 

" Pada hari ini memang merupakan penerbitan KTP perdana bagi warga yang berusia 17 tahun. Menurut data yang sudah melakukan perekaman KTP, warga yang usia 17 tahun mencapai sekitar 6000 orang. Makanya, sejak pukul 05.00 Wib pagi warga sudah pada antri," kata Kadis Disdukcapil, Zulkifli kepada seputarkuningan.com saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (2/1/2020).

Zulkifli menambahkan, dari akhir tahun masih tersisa sekitar 3000 blanko, dan  saat ini masih tersisa blanko KTP sekitar 1200 buah. Maka, pihak Disdukcapil memberikan kesempatan kepada warga terutama yang berusia 17 tahun yang telah memiliki suket untuk dapat melakukan pencetakan KTP, begitu juga bagi warga yang KTPnya hilang ataupun rusak dapat menggantinya pada hari ini.

" Sisa blanko tersebut akan dihabiskan pada hari ini, besok pihak Disdukcapil akan meminta kembali blanko KTP untuk kebutuhan selanjutnya," ujar Kadis.

Kadis berharap, pada tahun 2020 tidak ada lagi warga yang tidak memilki KTP. Kadis pun menghimbau agar warga melakukan pengurusan kependudukan sendiri tanpa melalui orang lain.

" Warga yang akan membuat KTP agar dapat melakukannya sendiri tanpa melalui orang lain," harap Kadis. (Elly Said)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.