SEPANJANG TAHUN 2019, DUA KASUS INI MASIH MENDOMINASI

Capaian kinerja Polres Kuningan Tahun 2019

Seputarkuningan.com - Dipenghujung tahun 2019, Kepolisian Resort (Polres) Kuningan  menggelar Press Release akhir tahun 2019 di Aula Rupatama Mapolres Kuningan, Senin (30/12/2019). Saat jumpa pers, Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan didampingi Wakapolres Kuningan Kompol Hilman Muslim,  Para Kabag, Para Kasat serta pejabat utama Polres Kuningan lainnya.Kapolres menyampaikan bahwa tahun 2019, Satuan Reskrim Polres Kuningan menerima perkara sebanyak 243 perkara dan telah diselesaikan sebanyak 278 perkara.

Perkara yang paling menonjol selama tahun 2019 adalah penipuan dan pencabulan, yaitu masing-masing sebanyak 96 perkara dan 20 perkara.Untuk kasus korupsi,  ada satu kasus korupsi  yang berhasil diungkap. Selain itu, Sat Reskrim pun mampu mengungkap kasus curanmor baik roda dua maupun roda empat.

" Masih ada perkara yang masih dalam proses pengungkapan dan masih menjadi pekerjaan yang belum selesai bagi kami  yaitu kasus pembunuhan yang terjadi di Desa Sembawa hingga saat ini belum terungkap," ujar Kapolres.

Sedangkan untuk kasus narkoba, Satuan Narkoba Polres Kuningan telah berhasil menguak tindak pidana penyalahgunaan narkoba sebanyak 35 perkara yang didominasi oleh narkoba jenis dhabu dan obat-obatan terlarang yang dijual tanpa memiliki ijin edar. 

Untuk Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan,  mengalami penurunan kasus pelanggaran lalu lintas yang pada tahun sebelumnya sebanyak 28.593 pelanggaran tahun 2019 menjadi 17.869 pelanggaran. Kasus laka lantas di tahun 2019 mencapai 160 kasus dan penyelesaiannya mancapai 154 kasus. Untuk korban laka lantas sepanjang tahun 2019 sebanyak 77 korban meninggal dunia, 97 korban luka berat dan 192 korban dengan luka ringan.

" Dalam menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif, Satuan Binmas Polres Kuningan juga melakukan tindakan preemtif melalui beberapa program di antaranya adalah Satgas Nusantara, door to door system, Forum Silaturahmi Kamtibmas, Forum Group Discussion dan pembinaan terhadap saka Bhayangkara," papar Kapolres.

Sementara itu, untuk Satuan Intelkam Polres Kuningan bekerja sama dengan Badan Kordinasi Pengawasan Aliran Kepercayaan dan Komunitas Intelejen Daerah membantu dalam pencegahan terorisme, paham radikalisme dan konflik sosial. Satuan Shabara Polres Kuningan pun, selama tahun 2019 telah melakukan pembentukan TIM SAR dalam mengantisipasi bencana alam, turut membantu pemadaman kebakaran di lereng Gunung Ciremai dan membantu masyarakat mengurangi bencana kekeringan dengan turut membagikan air bersih kepada masyarakat yang membutuhkan.

Pada aspek pembinaan, Polres Kuningan pun telah melakukan tindakan kepada anggota yang melanggar disiplin sebanyak 4 anggota, pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh anggota sebanyak 104 anggota.


Kapolres Menghimbau, agar masyarakat tetap waspada dari berbagai macam tindakan kriminal, dan melaporkan segala hal yang dapat merusak stabilitas kamtibmas yang ada dilingkungan masing- masing. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.