RAMCEK, 7 BUS ANGKUTAN UMUM " BALIK KANDANG "


Seputarkuningan.com - Satuan Lalu Lintas Polres Kuningan bersama BNN Kuningan dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan melakukan pengecekan kendaraan bus dan tes urine dadakan kepada pengemudinya di Terminal Type A Kertawangunan Kuningan,Kamis (12/12/2019).

Kegiatan ini ditujukan bagi para awak bus sebagai faktor penting untuk menjaga keselamatan penumpang dalam perjalanan di musim liburan Natal dan Tahun Baru.

 "Tes urine dan cek kendaraan kami laksanakan sehubungan libur natal dan tahun baru. Hal ini dilakukan  untuk menjamin keselamatan penumpang," kata Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Sopyan Efendi melalui Kanit Dikyasa IPDA Sofyan kepada seputarkuningan.com.



Sofyan menambahkan, hasil tes urine ini akan langsung diketahui setelah para awak bus dites urine dan kesehatannya. Apabila sampai ditemukan para awak bus yang positif narkoba atau kesehatannya tak layak, pihaknya pun akan langsung berkoordinasi dengan instansi terkait. 

"Apabila ditemukan, kami koordinasikan dengan instansi terkait untuk mengambil tindakan supaya awak bus diistirahatkan dan dilarang mengemudi," ujar Sofyan. 

Sedangkan kendaraan bisnya, dilakukan pemeriksaan dari mulai kelengkapan surat, rem mobil, lampu kendaraan dan kelengkapan lainnya.

" Ada 17 pengemudi yang dilakukan tes urine dan hasilnya negatif semua. Sedangkan untuk kendaraan bis, ditemukan ada 7 kendaraan yang ijinnya sudah tidak berlaku," pungkas Sofyan. 

Sofyan berharap kepada para pengemudi mobil bus maupun pengusahanya agar dapat memperhatikan kelayakan kendaraannya demi menjaga keselamatan para penumpang di jalan.

Ketujuh mobil bus yang ijin angkutannya sudah tidak berlaku dilakukan tindakan oleh Dishub Kuningan dengan melarang mobil tersebut untuk jalan selama ijin belum diperbarui. (Elly Said)




Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.