NGAWANGKONG, GALI ASPIRASI DAN PARTISIPASI MASYARAKAT


Seputarkuningan.com - Pemeritah Kabupaten Kuningan melalui Bagian Humas Setda Kuningan menggelar kegiatan Ngawangkong  untuk menggali aspirasi dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan menuju Kuningan Maju (Ma'mur, agamis, Pinunjul)  di halaman Pasar Desa Kutawaringin, Kecamatan Selajambe, Rabu (4/12/2019).

Kegiatan ini mendapat antusias dari masyarakat.  Sejak pukul 15.00 WIB mereka sudah berdatangan. Ngawangkong menjadi daya tarik sendiri bagi masyarakat selain dilakukan dialog yang diselingi hiburan. Warga yang bertanya juga mendapatkan door prize.

Menurut Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Kuningan  Wahyu Hidayah,  kegiatan Ngawangkong ini bersamaan dengan refleksi pembangunan satu tahun pemerintahan Bupati Kuningan Acep Purnama dan Wabup M. Ridho Suganda.

Wahyu menjelaskan, ngawangkong merupakan salah satu program rutin unggulan yang digelar Bagian Humas Setda Kuningan setiap tahun untuk menjalin komunikasi dan informasi secara interaktif antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat secara langsung. Ngawangkong ini disiarkan secara langsung oleh 7 stasiun radio yang ada di Kabupaten Kuningan.

  "Melalui program ngawangkong,  Pemerintah Kabupaten Kuningan bisa hadir  langsung di tengah masyarakat secara non formil bersifat dinamis, informatif, inovatif, dan rekreatif," ungkap Wahyu.


Wahyu menambahkan,  dengan ngawangkong juga akan terjalin komunikasi dan informasi antara  masyarakat dengan pemerintah yang dikemas dengan diselingi hiburan rakyat bernuansa sunda. Komunikasi interaktif  dan partisipasi ini, selain penyampaian  informasi pembangunan. Juga menerima  keluhan, saran maupun kritikan yang membangun dari masyarakat.

Untuk tema yang diusung dalam kegiatan ini,  Wahyu mengatakan,  Refleksi Pembangunan Kabupaten Kuningan 2019. 

Sementara itu, Bupati Kuningan Acep Purnama menjelaskan berbagai pembangunan yang sudah dan sedang dilakukan selama setahun ini. Antara lain pelebaran jalan dari Cipasung sampai Cilebak, pembangunan infrastruktur lainnya, serta pemberdayaan masyarakat.

“Dalam masa setahun ini, pemerintah terus melakukan pembangunan di berbagai bidang. Termasuk juga pelebaran jalan Cipasung Cilebak. Sekarang sudah terlihat hasilnya di mana jalan di Kutawaringin lebih lebar," ujar Acep.

Kepada seluruh masyarakat wilayah Kuningan Selatan Bupati mengucapkan terima kasih banyak karena sudah  menghibahkan Sebagian miliknya yang berupa lahan tanah kepada pemerintah daerah dengan rencana pelebaran jalan tanpa minta ganti rugi apalagi ganti untung.

Dalam kesempatan  ini, Bupati mengatakan, refleksi pembangunan Kabupaten Kuningan merupakan penjabaran yang tidak terpisahkan dari upaya pencapaian Visi dan Misi Kabupaten Kuningan selama 5 tahun yang tertuang dalam Rencana jangka Panjang Menengah Daerah (RPIMD) Kabupaten Kuningan.

Bupati  menambahkan, di tahun 2019 Kabupaten Kuningan meraih 31 penghargaan baik yang diberikan oleh presiden Republik Indonesia, pihak kementerian, Gubernur Iawa Barat, dunia usaha bahkan dari organisasi massa. Berbagai penghargaan ini membuktikan bahwa kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan sejauh ini bisa diakui dan diapresiasi oleh berbagai pihak. Kemajuan pembangunan Kabupaten Kuningan diperkuat dengan terus meningkatnya IPM Kabupaten Kuningan sebagai barometer keberhasilan pembangunan suatu daerah. Disebutkan, ada tiga indikator utama yang dijadikan alat ukur IPM yaitu kesehatan, pendidikan dan daya beli.

“Saya bahagia serta terima kasih yang tulus kepada seluruh jajaran SKPD yang selama kami bekerja keras hingga mampu menciptakan Kabupaten Kuningan dengan kondisi sosial yang semakin mantap," kata Bupati.

Bupati juga membagikan sertifikat tanah kepada masyarakat di berbagai desa yang ada di Kecamatan Subang, Selajambe dan Cilebak. Warga nampak senang dengan pembagian PTSL dari pemerintah daerah.

Dalam ngawangkong ini Bupati berdialog  dengan masyarakat, misalnya yang diutarakan Kepala Sekolah SMK Selajambe terkait dengan penguatan  frekuensi Radio untuk di HP, Arif Saefudin dari perwakilan Karang Taruna Kecamatan Subang menanyakan pembangunan pelebaran Jalan di wilayah Ciamis yg melewati jalur Tangkolo, dan Maman PR perwakilan guru dari Selajambe, berkaitan dengan dana desa diharapkan ada kebijakan untuk bantuan pembangunan sekolah yang kondisinya rusak. Pada intinya Bupati akan segera menindaklanjutinya.

Kegiatan ini dihadiri juga Dandim 0615 Letkol Czi Karter Joyi Lumi, S.IP. Sekda Kuningan Dr.Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Wakil Ketua DPRD H. Ujang Kosasih, Ketua PKK Kuningan Hj. Ika Purnama, Ketua Pemuda Pancasila, seluruh kepala desa dan BPD, MUI, Karang Taruna, Tokoh Masyarakat dari 4 kecamatan Selajambe, Subang, Cilebak, dan Darma, Camat se Kabupaten Kuningan dan lainnya. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.