JELANG NATAL, SEJUMLAH BAHAN POKOK ALAMI LONJAKAN HARGA


Seputarkuningan.com - Menjelang perayaan natal, harga kebutuhan bahan pokok di Pasar Kramatmulya Kabupaten Kuningan mengalami lonjakan harga. Kenaikan harga terjadi pada cabai merah yang mencapai harga 30 ribu rupiah per kilogramnya dan telur mencapai harga 26 ribu rupiah per kilogramnya. Padahal sebelumnya harga cabai merah hanya 20 ribu rupiah per kilogramnya dan telur yang semula 22 ribu rupiah naik menjadi 26 ribu rupiah.

Selain cabai merah dan telur, sayur mayur lainnya yang mengalami kenaikan terjadi pada cabai hijau yang semula 18 ribu rupiah per kilogramnya menjadi 22 ribu rupiah. Bawang merah semula 30 ribu rupiah kini menjadi 35 ribu rupiah per kilogramnya. Tomat semula 6 ribu rupiah naik menjadi 8 ribu rupiah.

" Kenaikan harga sayur mayur ini sudah terjadi selama tiga hari ini. Harganya naik karena dari pihak distributornya juga naik. Makanya harga jualnya juga naik," kata Yayah salah seorang pedagang sayuran kepada seputarkuningan.com, Kemarin.

Yayah menambahkan, kenaikan harga ini biasanya akan terus berlanjut hingga natal dan tahun baru. Kenaikan harga sayur mayur ini merupakan hal yang biasa bagi para pedagang. Setiap perayaan hari besar maupun banyaknya orang hajatan, harga-harga sayur mayur akan mengalami kenaikan. Hal ini dikarenakan permintaan yang meningkat.

" Tentu saja kenaikan harga ini pada awalnya sih terasa ada penurunan pendapatan. Tapi nantinya biasa lagi. Mau gimana lagi," pungkas Yayah. (Elly Said)






No comments

Powered by Blogger.