TINGKATKAN KUALITAS SDM NAPI, LAPAS KUNINGAN AKAN GANDENG DISNAKERTRANS

Ka Lapas Kuningan Syamsul Hidayat
Seputarkuningan.com - Sesuai tema Kemerdekaan RI tahun 2019 SDM UNGGUL INDONESIA MAJU, Kepala Lapas Kuningan Syamsul Hidayat berencana menjalin kerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Kuningan. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas SDM warga napi binaan Lapas Kelas IIA Kuningan. Syamsul berharap, warga binaan Lapas Kuningan bisa mendapatkan  pelatihan kerja dari Disnakertrans Kabupaten Kuningan.
Diharapkan, dengan keterampilan yang diberikan itu bisa menjadi modal ketika mereka kembali ke masyarakat saat bebas nanti.
" Kalau MoU secara resmi memang belum ada, tapi kami telah melakukan pembicaraan ke arah itu. Dengan adanya pelatihan yang diberikan,  agar nantinya warga binaan bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan setelah bebas. Dimana Disnakertrans Kuningan mau  bekerja sama dengan lapas untuk  memberikan keterampilan dan meningkatkan ilmu mereka," ujar Kepala Lapas Kelas IIA Kuningan, Syamsul Hidayat usai melaksanakan upacara pemberian remisi di Lapas Kuningan, Sabtu (17/8/2019).
Syamsul menambahkan, ada beberapa keterampilan yang bisa diajarkan kepada para warga binaanya yaitu di bidang perkayuan, instalatir listrik dan mesin motor. Setelah mereka mendapatkan pelatihan, nantinya diharapkan akan mendapatkan sertifikat yang dikeluarkan oleh dinas tersebut.
" Kalau saya yang mengeluarkan sertifikat tentunya gak akan laku, tapi kalau Balai Latihan Kerja (BLK) yang mengeluarkan pasti akan laku untuk mencari kerja pada saat mereka telah bebas," imbuh Syamsul.
Teknis pelaksanaannya, kata Syamsul, jika warga binaan yang harus datang ke BLK maka dirinya siap mengantarkannya, jika pihak BLK yang akan datang ke lapas tentu dirinya akan menyambut gembira.
" Sampai sejauh ini, kami sudah membicarakannya dengan Pak Bupati dan Pak Sekda. Alhamdulillah, mendapat respon positif dan akan membantu lapas untuk dapat merealisasikannya," pungkas Syamsul. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.