PS PBSS SABET JUARA UMUM I FESTIVAL PENCAK SILAT



Seputarkuningan.com - Perguruan Silat (PS) PBSS Pencak Silat Klub Bersatu, berhasil menyabet predikat juara umum I pada kejuaraan pasanggiri Festival Pencak Silat tahun 2019 yang diselenggarakan Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) bekerjasama dengan PS  Rundayan Merak Emas, di GOR Ewangga.

Perguruan silat yang baru berdiri tersebut, mampu mengumpulkan empat medali emas dari nomor penampilan tunggal putra & tunggal putri usia 9-12 tahun  serta ganda putra & putri usia 14-17 tahun. Lalu, satu medali perak di nomor penampilan ganda putri serta satu medali perunggu pada nomor rampak campuran.

“Alhamdulillah, jujur saja, saya tidak menyangka, jika anak-anak binaan yang persiapan latihannya sangat singkat, ternyata mampu menunjukan performance terbaiknya sehingga meraih predikat juara umum I,” ujar Ketua Umum PS PBSS Pencak Silat Klub Bersatu, Iyan Irwandi, S.IP., diamini Pelatih Seni, Arisman dan Gunawan Firdaus, Kemarin.

Lebih lanjut dikatakan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kuningan,  ia mengacungkan jempol kepada panitia pelaksana kejuaraan pasanggiri silat kali ini karena selain tujuannya untuk melestarikan budaya tradisional agar tidak tergerus perkembangan zaman, juga wasit juri yang dilibatkannya, berlinsensi provinsi dan nasional.

Untuk itu, dengan suksesnya kejuaraan Festival Pencak Silat sekarang ini, bisa dijadikan dasar dalam pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan serupa di tahun-tahun selanjutnya. Sehingga Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Disporapar, diharapkan terus menyokong dan mendukung kegiatan pelestarian seni dan budaya tersebut.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Gigin, menerangkan,  PS PBSS Pencak Silat Klub Bersatu berhasil meraih juara umum I pada Festival Pencak Silat 2019 sebab mampu mengumpulkan empat medali emas, satu perak dan satu medali perunggu.  Disusul juara umum II, PS Sinar Muda yang menyabet dua medali emas dan satu perunggu. PS Putra Ciremai, harus puas sebagai  juara umum III dengan raih empat medali perak.

Kepala Disporapar Kabupaten Kuningan, Jaka Chaerul didampingi Kepala Seksi Peningkatan Prestasi Olahraga, Asep Ismanto, menerangkan, Festival Pecak Silat  merupakan salah satu pengimplementasian program invitasi olahraga prestasi Disporapar sebagai ajang seleksi terbuka dalam menjaring atlet berpotensi untuk dipersiapkan mengikuti kejuaraan serupa di tingkat provinsi. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.