KKN EFEKTIF GALI POTENSI BARU DI PEDESAAN



Seputarkuningan.com – Sebagai perwujudan dari Tridharma Perguruan Tinggi, Kuliah Kerja Nyata (KKN) akan lebih efektif bilamana dapat membentuk desa binaan dengan menggali potensi baru di pedesaan lokasi KKN.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda usai melepas ribuan mahasiswa Universitas Kuningan yang merupakan peserta KKN, Selasa (23/7/2019). Kegiatan itu pula juga dihadiri Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budhiyasa.

“KKN ini harus dijalankan dengan serius, jangan hanya dijadikan sekadar syarat kelulusan saja. Tapi harus punya komitmen terhadap apa yang kita laksanakan, kegiatan ini merupakan sebuah media yang baik untuk bisa melatih apa yang sudah didapat di kampus. Jadi kalau sudah mendapat ilmunya sekarang waktunya mengimplementasikan kepada masyarakat, jadi harus dilaksanakan dengan baik,” ujar M. Ridho Suganda.

Ridho juga meminta bantuan kepada rekan mahasiswa untuk dapat memberikan masukan pada pemerintah tentang potensi – potensi wilayah di pedesaan Kabupaten Kuningan. Pedesaan yang mungkin belum terjangkau oleh pemerintahan, adanya mahasiswa bisa terjangkau sehingga dapat menimbulkan sinergitas karena mahasiswa ini punya peranan penting dalam pembangunan dalam setiap aspek.

“Saya sangat bersyukur dan mengapresiasi Uniku dengan segala potensi yang mereka miliki bisa memberikan kontribusi terhadap Kabupaten Kuningan salah satunya melalui kegiatan KKN, adanya KKN mahasiswa dituntut menggali potensi baru di pedesaan. Salah satunya tematik kewirausahaan, jadi saya harapkan mereka bisa memunculkan atau menumbuh kembangkan daya wirausaha di pedesaan,” kata Ridho.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Kuningan Ir. Bunbun Budhiyasa mengatakan, seperti apa yang diungkapkan Wabup Kuningan bahwa Kabupaten Kuningan memiliki potensi yang sangat besar dan pada gilirannya potensi itu harus bisa mengangkat sumber  perekonomian masyarakat pedesaan.

“Alhamdulillah melalui Uniku yang bekerjasama dengan 10 universitas lain di Indonesia yang difasilitasi kementerian untuk menyelenggarakan tematik kewirausahaan yang cocok dengan kegiatan sekarang. Saya berharap mahasiswa KKN Uniku dapat mengangkat potensi usaha baru di pedesaan untuk dijadikan potensi ekonomi,” ujar Bunbun Budhiyasa.

Tak hanya itu, Bunbun juga berharap, setelah kegiatan ini dilaksanakan bisa tumbuh unit usaha di desa lokasi KKN yang bisa ikut mengangkat indeks perekonomian daya beli masyarakat secara umum. Tentu dalam hal ini, Dinas Koperasi dan UKM akan sangat konsen dan antusias melalui kerjasama baik ini.

“Tentu kami berharap melalui KKN Tematik Kewirausahaan ini mahasiswa Uniku mampu meningkatkan potensi perekonomian masyarakat pedesaan di Kabupaten Kuningan,” tuturnya. (Agus Maulani)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.