APBDes DAN DANA DESA BISA DIGUNAKAN UNTUK SIAGA BENCANA


Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Sugandha

Seputarkuningan.com -  Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda menilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) maupaun Dana Desa (DD) dapat dipergunakan untuk bidang yang terkait dengan kebencanaan seperti kesiapsiagaan menghadapi bencana alam dan konflik sosial, penanganan bencana serta pelestarian lingkungan hidup.

“Setiap ada kegiatan ke desa-desa apalagi pembahasan-pembahasan APBDes dan sebagainya saya selalu menyarankan agar menganggarkan dana kebencanaan. Dikarenakan Kabupaten Kuningan merupakan daerah rawan bencana,” ujar M. Ridho Suganda saat memberikan sambutan pada kegiatan penyuluhan pembentukan kampung siaga bencana di Desa Mekarsari, Kecamatan Maleber, Kabupaten Kuningan, Senin (22/7/2019).

Hampir di setiap lokasi, lanjut Ridho, banyak desa di Kabupaten Kuningan rawan bencana. Jadi, jangan sampai koordinasinya itu nanti akan terlambat kalau tidak ada anggarannya. Jika sudah dianggarkan setiap ada kebencanaan penanganan pertamanya bisa menggunakan anggaran dari desa lebih dulu.

“Penanganan pertama harus ada rencana dari desanya lebih dulu, sekarang kan desa – desa sudah memiliki anggaran. Jadi saya harapkan anggaran yang ada di desa bisa dimanfaatkan suatu hal yang sifatnya untuk menanggulangi kebencanaan maupun perbaikan fasilitas umum,” kata Ridho.

Ridho juga menyatakan, anggaran kebencanaan dari desa tergantung dari kekuatan kepala desanya masing – masing. Besarannya tidak bisa dipaksakan harus berapa, paling penting ada anggarannya untuk kebencanaan atau perbaikan pasca bencana. Sebab besaran dana desa itu berbeda – beda.

“Saya tidak memaksakan anggaran untuk kebencanaan harus sekian, namun yang paling penting semua desa dapat menyisihkan anggarannya untuk kebencanaan. Bencana itu bukan hanya banjir, longsor, pergerakan tanah, gempa. Tetapi kebakaran juga merupakan bencana,” ujarnya.

Kegiatan penyuluhan pembentukan kampung siaga bencana yang diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat bersama Tagana, selain dihadiri Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Suganda juga Pelaksana tugas Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan Dadang Supardan. (Agus Maulani)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.