SEBELUM 17 APRIL, DI TPS INI SUDAH MENCOBLOS



Seputarkuningan.cpm - Sebanyak 286 warga yang terdaftar di TPS 01Desa Garawangi Kecamatan Garawangi, tampak mengantri pada  rabu pagi (03/04/2019). Mereka tengah melakukan pencoblosan 5 jenis surat suara yang berlokasi di alun-alun Desa tersebut.

Satu persatu warga di panggil pihak KPPS, kemudian memasuki bilik suara yang telah disediakan. Tindakan warga ini mendapat perhatian dari Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi atau Asfa, membenarkan telah terjadi pencoblosan surat suara di TPS ini. 

"Simulasi ini sengaja dilaksanakan dalam rangka mensimulasikan secara teknis seperti gambaran pada pemilihan umum nanti di hari H," tegas Asfa kepada Seputarkuningan.com.

Melalui simulasi ini pula,  lanjut Asfa, pihak bisa mengevaluasi berbagai hal, mulai dari tahap persiapan KPPS beserta perangkat, reaksi pemilih, membuka dan menutup kertas suara, perhitungan dan saksi. Semua akan di evaluasi lengkap dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan hingga selesai tuntas.

Simulasi ini akan dijalankan dengan teknis waktu seperti hari Rabu 17 April 2019 nanti. Jam 1 siang adalah batas waktu pencoblosan. Kemudian waktu perhitungan suara KPU akan mengamati sampai jam berapa TPS ini mampu menyelesaikan.

TPS ini dilengkapi pula alat bantu kursi roda bagi pemilih disabilitas. Adapun bagi pemilih yang harus diantar karena keterbatasan fisik dan lainnya, pihak pengantar/pendamping harus mengisi formulir C3 terlebih dahulu.

"Kita evaluasi nanti apakah bisa selesai jam berapa, kita catat waktunya. Saya pun menganjurkan kepada setiap KPPS memasang jam dinding, dan waktu yang disepakati sesuai jam tersebut, ini bukan sekedar simulasi, tapi benar-benar  seperti sesungguhnya di 17 April" pungkasnya. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.