RUMAHNYA AMBRUK, NENEK DARSITI TIDUR DEKAT KANDANG KAMBING

Nenek Darsiti 78 tahun

Seputarkuningan.com - Darsiti (78) warga Dusun I Rt 005 Rw 01 Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin tampak tegar menjalani kehidupannya sehari-hari. Ia tinggal seorang diri di sebuah gubuk yang berdekatan dengan kandang kambing. Nenek berusia 78 tahun ini menjadikan kandang kambing sebagai kediamannya. Luas kamar yang ditempatinya hanya sekitar 2x3 meter saja yang letaknya bersebelahan dengan kandang kambing.



Di gubuk itu, Nenek Darsiti menghabiskan waktunya sehari-harinya. Gubuk yang ditempatinya pun dibuatkan oleh cucunya usai rumah milik Nenek Darsiti roboh sekitar tiga bulan yang lalu. Menurut salah seorang tetangga yang enggan disebutkan namanya mengatakan, Nenek Darsiti tinggal di gubuk tersebut sudah sekitar 3 bulan.

" Awalnya punya rumah tapi kondisinya sudah tidak layak dan akhirnya roboh. Karena gak ada tempat tinggal lain oleh cucunya dibuatkan tempat tinggal di dekat kandang kambingnya," ujarnya kepada Seputarkuningan.com, Selasa (5/3/2019).

Sementara itu, Nenek Darsiti mengaku selama ini dirinya tidak pernah mendapat bantuan apa pun dari pemerintahan desa setempat. Termasuk ketika rumahnya roboh tidak ada yang membantunya. 

" Ari nu kaya mah ditareang, ari emak nu miskin mah henteu (Kalau yang kaya  ditemui kalau nenek yang miskin nggak)," kata Nenek Darsiti lirih.

Untuk makan sehari-hari, Nenek Darsiti mengandalkan pemberian dari anak dan cucunya. Karena kehidupan anak dan cucunya pun tidak berbeda dengan dirinya, maka Nenek Darsiti hanya pasrah dengan keadaannya.

Nenek Darsiti berharap ada yang membantunya untuk memperbaiki tempat tinggalnya yang sudah roboh. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.