MASJID MEGAH POLRES KUNINGAN HABISKAN 2,3 MILYAR RUPIAH

Masjid Al Aman Polres Kuningan

Seputarkuningan.com - Kepolisian Resort (Polres) Kuningan , kini memiliki masjid cantik dan megah di Mapolres Kuningan. Masjid yang diberi nama Al Aman ini didirikan awal pada tahun 1995 dan diresmikan oleh Kapolres Kuningan Drs. Ujang Mulyono pada tanggal 25 Agustus 1995 dengan kapasitas awal 150 orang. Kemudian pada tahun 2003 direnovasi dan diresmikan oleh Kapolres AKBP Drs. Hasanudin.

" Pada Mei 2018, Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan beserta jajaran polres Kuningan lainnya berencana untuk merenovasi kembali dikarenakan kondisi bangunan sudah mulai rapuh," kata Ketua Pembangunan Masjid Al Aman sekaligus Kabag Sumda Polres Kuningan Kompol Dodo Nurwenda kepada awak media, usai peresmian masjid Al Aman, Minggu (31/3/2019).

Pada awalnya, bangunan masjid berada di depan unit reskrim kemudian dipindahkan ke lahan parkir di dekat unit narkoba. Pasalnya, bangunan arah kiblatnya dianggap kurang tepat.

" Setelah panitia terbentuk, maka kami mengundang tim ahli dari Kemenag untuk menentukan arah kiblat. Hasilnya memang kurang tepat. Hasil kesepakatan bersama, maka kami memindahkan lokasi masjid tersebut," ujar Dodo.

Masjid ini dibangun di atas tanah seluas 20 m x 15 m dengan biaya menghabiskan sekitar 2,3 milyar rupiah dengan kapasitas dapat menampung jemaah sebanyak 300 orang. Pembangunan masjid ini memakan waktu sekitar 8 bulan hingga diresmikan oleh Kapolda Jabar (Minggu 31/3/2019-Red). Seluruh dinding masjid menggunakan wise painting dengan anti gores hingga memudahkan dalam perawatannya.

Kubah dalam terbuat dari kubah geometri yang diinspirasi dari kubah Masjid Madinah. Kubah emas terbuat dari baja teflon, kaligrafi terbuat dari bahan grc yang dilapisi kuningan. Hanya bagian depan saja yang menggunakan marmer, sebagian besar dinding menggunakan wise painting.

" Anggaran untuk pembangunan ini didapat dari hasil infaq para anggota polres Kuningan. Ada infaq harian dan juga mingguan. Selain itu ada beberapa donatur yang memberikan bantuannya untuk pembangunan masjid ini. Alhamdulillah, pembangunan masjid sudah selesai dan dapat digunakan bagi para anggota juga masyarakat sekitar," ujar Dodo. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.