LUAR BIASA! KETUA DPD NASDEM KUNINGAN KELOLA PETERNAKAN MODERN DI CIBINGBIN




Seputarkuningan.com - Pimpinan Partai Nasdem Kuningan, Elit Nurlitasari berdayakan warga Desa dalam pengelolaan peternakan modern di Desa Bantar Panjang, Cibingbin Kuningan.

Pilot project pemberdayaan warga desa ini diprakarsai oleh ide M Fikri Ghani, suami dari Elit Nurlitasari.

Seputarkuningan.com berkesempatan meninjau peternakan Kambing jenis Etawa pada Jumat pagi (23/03/2019), salah satu ras mamalia yang berasal dari India. Di perternakan ribuan meter persegi ini.

"Pengelolaan peternakan ini saya percayakan  kepada warga desa disini supaya mereka bisa mempelajari dan menikmati hasilnya bersama," ungkap Elit.

Di perternakan yang diberi nama Ghani's Farm tersebut dilakukan pengembangbiakan, perawatan, penataan kandang yang teratatur, dan pemberian pakan yang sesuai dengan gizi kambing dengan uji coba selama dua tuhun terakhir kepada seratusan ekor Etawa.




Fikri Ghani yang juga seorang lawyer tak menyurutkan ketertarikannya pada dunia peternakan. Menurutnya Kambing jenis Etawa di peternakannya adalah Etawa Asli, bukan etawa hasil perkawinan campuran.

"Ini kambing Etawa dari Ras yang masih asli. Sama dengan tempat asal Suburnya Etawa di India. Kami juga sedang mengembangkan peternakan sapi yang tak jauh dari tempat ini," ujar Fikri Ghani.

Peternakan Ghani's Farm kian lengkap dengan hadirnya ladang pakan kambing di sekitarnya. Hal ini memudahkan warga yang mengelola dalam pemberian pakan dan kebersihannya pun terjaga. Alhasil dengan manajemen modern seperti ini Kambing Etawa yang ternak akan memiliki kualitas bagus dan sehat, tentunya bernilai ekonomis pula.

Tak jauh dari kandang Etawa, Seputarkuningan.com juga menyaksikan peternakan sapi dengan konsep yang hampir sama dengan etawa. Yang paling unik disini adalah cara penggembalaan dan pemberian makanan sapi. Selain pakan yang disediakan pengelola, sapi ini digiring pula melewati sungai disekitar kandang untuk menuju ke sumber rumput hijau di alam terbuka. Sebuah pemandangan yang mirip dengan film peternakan sapi di luar negeri. 

Elit Nurlitasari yang kini mencalonkan diri di Pileg 2019 sebagai Caleg DPRD Kabupaten Kuningan dari partai Nasdem Dapil IV sangat mendukung upaya suaminya dalam dunia peternakan. Elit akan terus berkomitmen memberdayakan warga Kuningan dalam setiap peternakannya. (Shyhab)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.