BAWASLU JABAR LAKUKAN SIDAK GUDANG LOGISTIK KPU KUNINGAN


Seputarkuningan.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat melakukan pemantauan dan mengecek kesiapan pengelolaan logistik pemilu di Gudang KPU Kabupaten Kuningan yang terletak di Desa Cilowa Kecamatan Kramatmulya. Perhelatan pesta demokrasi yang tinggal menghitung hari ini  dirasa perlu oleh Bawaslu Jabar untuk memantau kesiapan tersebut.
Kordinator Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu Jabar Sutarno mengatakan,  kegiatan kunjungan yang dilaksanakan adalah bagian dari upaya Bawaslu ingin memastikan kesiapan pengelolaan logistik yang dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Barat.
" Dalam pantauan kami, untuk gudang KPU di Kuningan ini sudah bagus, representatif, tidak bocor dan sangat memadai untuk gudang logistik pemilu. Logistik yang sudah tersedia juga lumayan lengkap, walaupun masih ada yang kurang seperti kotak suara, bilik suara dan beberapa formulir dan tentunya surat suara yang memang belum didistribusikan," ujar Sutarno kepada awak media, Selasa (5/2/2019). 
Sutarno berharap, KPU Kuningan tetap bekerja dengan teliti dan cermat dalam pengelolaan logistik pemilu.
“Hal ini agar betul-betul dipastikan jumlahnya, jangan sampai ada terjadi kendala dalam pelaksanaan pemilu 2019 mendatang,” imbuh Sutarno.
Di tempat yang sama, Ketua KPU Kabupaten Kuningan Asep Z Fauzi  mengatakan logistik pemilu merupakan salah satu instrumen tahapan dalam pemilu yang tidak boleh dianggap remeh. Pemilu sejatinya adalah kontestasi demokrasi, mencari dan memilih pemimpin dengan mekanisme pemberian hak suara oleh para pemilih.
“ Jadi, logistik pemilu memiliki peran yang penting dalam suksesi pemilu. Memang masih ada beberapa kekurangan, akan tetapi kami pastikan sebelum hari H semua logistik sudah terpenuhi," tandas Asep. 
Menurut Asep, kekurangan logistik ini pada awalnya pihak KPU menghitung berdasarkan DPS (Daftar Pemilih Sementara), seiring berjalannya waktu maka ada perubahan jumlah pemilih yang bertambah.
" Karena ada penambahan jumlah pemilih ini makanya kotak suara masih kurang, tapi tidak seberapa kok," ujar Asep. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.