TERANCAM LONGSOR, PULUHAN WARGA DI SELAJAMBE DIUNGSIKAN

Seputarkuningan.com - Hujan deras yang menyebabkan banjir bandang di Desa Padahurip Kecamatan Selajambe pada Minggu (6/1/2019) mengakibatkan 30 KK harus diungsikan. Menurut keterangan Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kuningan Agus Mauludin, banjir terjadi di Dusun Tajur Desa Padahurip Kecamatan Selajambe.

" Awalnya tebing Sungai Tajur di Leuweung Cina Kawasan Hutan milik Perhutani longsor. Akibatnya sungai Tajur meluap dan air langsung menuju pemukiman," ujar Agus kepada Seputarkuningan.com.

Menurut update Kaji Cepat BPBD Kabupaten Kuningan pukul 20.05 WIB (Minggu Malam 6/1), akibat banjir bandang tersebut menyebabkan 2 unit sepeda motor milik warga terseret banjir. Jalan lingkungan sepanjang 150 meter rusak berat dan tiga rumah milik Ahdi yang dihuni 4 jiwa, Juhdi diisi 5 jiwa dan Rukinah yang diisi 8 jiwa terdampak lumbasan lumpur banjir.

" Satu saluran air untuk warga dan lima kolam ikan milik warga pun ikut terdampak banjir. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," kata Agus.

Untuk kerugian dari longsor yaitu TPT rumah warga, 1 unit rumah milik Maman dan 28 unit rumah lainnya yang diisi 90 jiwa terancam longsor. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, maka warga di Rt 15 sebanyak 90 jiwa ini untuk sementara diungsikan ke tempat yang lebih aman.

" Untuk sementara warga yang terancam longsor kami ungsikan ke tempat yang lebih aman atau di rumah sanak saudaranya. Tim BPBD bersama warga setempat masih melakukan pembersihan di lokasi bencana," pungkas Agus. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.