BENTUK TRANSPARANSI PROGRAM, UPK AMANAH LURAGUNG GELAR MAD LPJ


Seputarkuningan.com - UPK Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan telah melaksanakan MAD LPJ UPK. Acara berlangsung di aula kantor UPK Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan. Peserta masing-masing desa diwakili oleh para kepala desa, dan wakil kelompok, dari tingkat kecamatan dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa [DPMD] Deniawan,  Camat Luragung Beni Prihayatno, Koramil Luragung, dan Kapolsek Luragung. Sedangkan dari kelembagaan hadir Ketua BKAD Edy Yusuf Komarudin sebagai pemimpin forum, Ketua  BP UPK Amanah Achmad Mulyadi,dan Ketua UPK Amanah Kecamatan Luragung Dian Hardiana, Kemarin.


Dalam sambutanya, Camat Luragung Beni Prihayatno, menyampaikan apresiasinya atas pelaksanaan kegiatan tersebut. Dengan adanya kegiatan ini, sebagai bukti bahwa UPK telah melaksanakan prinsip PNPM yaitu akuntabilitas dan transparansi. Akuntabilitas merupakan kewajiban menyampaikan pertanggungjawaban atau untuk menjawab atau menerangkan kinerja dan tindakan seseorang/badan hukum/pimpinan kolektif suatu organisasi kepada pihak yang memiliki hak atau berkewenangan untuk minta keterangan akan pertanggungjawaban. 




" Transparansi adalah memberikan informasi keuangan yang terbuka dan jujur kepada masyarakat berdasarkan pertimbangan bahwa masyarakat memiliki hak untuk mengetahui secara terbuka dan menyeluruh atas pertanggungjawaban pemerintah dalam pengelolaan sumber daya keuangan melalui UPK Amanah yang dipercayakan kepadanya dan ketaatannya pada peraturan perundang- undangan. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk transparansi publik," kata Beni.

Senada dengan Camat Luragung, Kadis DPMD Kabupaten Kuningan Deniawan pun menyampaikan apresiasinya terhadap UPK Amanah Kecamatan Luragung yang dapat melaksanakan semua programnya dengan baik.


Laporan pertanggungjawaban disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas UPK Amanah Achmad Mulyadi,   diantaranya memaparkan mengenai rencana dan realisasi Kegiatan /kerja UPK , Rencana /Realisasi keuangan UPK meliputi cash flow perguliran, cash flow operasional dan RAPB tahun 2018 dan  rencana kerja juga Cash flow serta RAPB tahun depan, Tindak lanjut penanganan permasalahan yang dihadapi, dan efektivitas kerja lembaga-lembaga yang dibangun MAD seperti BP-UPK, BKAD.

Hasil surplus UPK tahun 2018  sebesar Rp. 525.193.919, yang terdiri  dari pendapatan sebesar rp 842.096.518 dikurangi biaya penggunaan sebesar rp 316.902.591.  Untuk rencana perguliran dana pada tahun 2019 untuk Usaha Ekonomi Produktif [UEP] rp 2.100.000.000 dan Simpan Pinjam Kelompok Perempuan [SPKP] rp 2.650.000.000 dengan jumlah semua rp 4.750.000.000. Sedangkan untuk surplus tahun 2018, rencana rp 404.197.092 dan realisasinya rp 525.193.919.

" Selain itu UPK Amanah juga mempunyai program di bidang sosial di antaranya membantu bedah rumah bagi warga yang membutuhkan," ujar Ade.

Ade menambahkan, pasca PNPM MD off pada tahun 2015 payung hukum UPK mengacu pada Perbup no. 20 tahun 2015 tentang Pedoman Pelestarian PNPM Mandiri Pedesaan.

Masyarakat merasa antusias dengan adanya pembagian surplus tersebut karena jasa yang mereka berikan setiap bulannya dapat bermanfaat bagi rumah tangga yang kurang mampu di sekitar Kecamatan Luragung serta dapat dipertanggungjawabkan secara transparan sesuai dengan kriteria berikut, adanya aksesibilitas terhadap laporan keuangan, adanya pertanggungjawaban terbuka, dan adanya publikasi laporan keuangan, hak untuk tahu hasil audit dan ketersediaan informasi kinerja. [Elly Said]

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.