SIDAK DI PASAR BARU, TIM SATGAS PANGAN PASTIKAN HARGA STABIL


Seputarkuningan.com - Menjelang Hari Raya Natal,  Tim Satuan Tugas (Satgas) pangan melakukan Sidak di Pasar Baru Kuningan, Senin (17/12/2018). Tim Satgas Pangan yang terdiri dari Tim Polres Kuningan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan, Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan, Kabag Perekonomian Setda Kabupaten Kuningan serta instansi lainnya yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Sugandha dan Wakapolres Kuningan Kompol Agus Syafrudin.
Wakil Bupati Kuningan M. Ridho Sugandha menjelaskan bahwa Tim Satgas Pangan melakukan pengecekan harga serta ketersediaan pangan yang berada di pasar. Dalam sidak tersebut diketahui adanya beberapa bahan sayuran yang mengalami kenaikan seperti kentang, kol, tomat dan wortel. Hal ini menurut beberapa pedagang diakibatkan tibanya musim penghujan hingga harga beberapa jenis sayuran mengalami kenaikan.
Selain sayuran, harga daging sapi juga mengalami kenaikan sebanyak 5 ribu rupiah yang semula rp 110 ribu/kg menjadi rp 115 ribu/kg. Hal ini disebabkan karena meningkatnya permintaan dari masyarakat yang melaksanakan hajatan. Sedangkan untuk bahan pokok seperti beras, telur, dan minyak tidak mengalami kenaikan yang signifikan dan relatif stabil.
Menurut Wabup Kuningan M. Ridho Sugandha,  hasil dari sidak yang dilakukan Tim Satgas Pangan bahwa tidak ada kenaikan harga yang signifikan dan pasokan barangpun masih dianggap stabil. 
" Secara keseluruhan harga-harga masih stabil dan pasokan pun hingga natal maupun  sesudahnya dijamin tetap aman. Kami juga menghimbau kepada para pedagang agar dapat menjaga kebersihan lapaknya sehingga para konsumen pun merasa puas," kata Ridho kepada awak media usai melakukan sidak.
Sementara itu, Wakapolres Kuningan Kompol Agus Syafrudin menambahkan bahwa tim Satgas pangan juga akan memastikan apakah stok harga bahan pokok di pasaran tidak ada yang berupaya melakukan penimbunan ataupun penumpukan bahan makanan.
“Kami akan terus memantau distribusi dari pada barang tersebut dan memantau harga pangan yang beredar di masyarakat dan menjaga kestabilan supaya masyarakat dapat menjangkau harga bahan pokok,” imbuh Wakapolres.
Tim satgas masih tetap optimis, karena dari hasil pengecekan tim tidak menemukan adanya perubahan yang signifikan.Jika pihaknya menemukan adanya penimbunan ataupun penumpukan bahan-bahan pokok di Pasaran yang akan mengakibatkan naiknya harga bahan pokok di pasaran pihaknya akan lakukan penyelidikan terhadap pelaku penimbunan tersebut. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.