MENDONGENG DI DEPAN SISWA SD, WAKAPOLRES CERITA KISAH SAHABAT NABI MUHAMMAD


Seputarkuningan.com - Kampung Dongeng Kuningan (Kadoku) menghadirkan sosok Wakapolres Kuningan Kompol Agus Syafrudin untuk mendongeng di hadapan puluhan siswa-siswa SDN 4 Kuningan, Rabu (5/12/2018).
Pantauan Seputarkuningan.com, antusias para siswa sangat tinggi untuk mendengarkan dongeng yang disampaikan Wakapolres Kuningan ini. Para siswa ini tampak antusias mengikuti permainan yang disampaikan oleh Wakapolres untuk melatih konsentras sebelum mendongeng dimulai. 
Anak-anak begitu serius mengikuti dongeng yang dibawakan oleh Wakapolres Kuningan, mereka pun berusaha menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan. Wakapolres Kuningan membawakan dongeng dengan tema kisah sahabat Nabi Muhammad SAW.
Menurut Wakapolres, ada pesan moril yang disampaikan dengan cara sederhana kepada anak-anak. Dongeng hanya salah satu cara menyampaikan pelajaran kepada anak-anak usia dini untuk selalu diingat.
“ Kegiatan mendongeng ini, manfaatnya sangat banyak tidak hanya mengembangkan kemampuan berbahasa anak dengan mendengarkan struktur kalimat, tetapi juga dapat merangsang imajinasi dan kreativitas serta dapat memperkenalkan ide-ide yang baru,” kata Wakapolres kepada Seputarkuningan.com usai melakukan kegiatan.
Wakapolres menambahkan  bahwa dengan mendongeng, anak-anak akan semakin dekat dengan pengasuhnya. Melalui mendongeng, anak-anak mendapat banyak pesan moril.
“Kalau kita lihat perkembangan anak zaman sekarang, itu tidak seperti zaman anak-anak dahulu, pola pendidik dan pengasuh, tapi dari sini pendekatan kita dengan anak bisa cepat dan daya tangkap bisa cepat,” ujar Wakapolres.

Wakapolres berharap, kegiatan mendongeng yang digagas oleh Kadoku ini dapat terus dikembangkan di lingkungan anak-anak usia dini.
Kegiatan mendongeng ini digagas oleh Kadoku melalui Gerakan Kuningan Mendongeng. Hal ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan nilai moral yang positif melalui gerakan mendongeng, karena mendongeng merupakan sarana yang paling sederhana untuk memberikan edukasi dan mengajak anak mengembangkan imajinasi sehingga dapat tercipta generasi yang cerdas, kreatif dan tentunya berakhlak mulia.
Turut hadir dalam kegiatan dongeng tersebut Kepala UPTD Kecamatan Kuningan Abidin, MPd. Msi, Kepala Sekolah serta para guru SDN 4 Kuningan.(Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.