ACEP-RIDHO SAMPAIKAN VISI MISI DI RAPAT PARIPURNA DPRD KUNINGAN


Seputarkuningan.com - Bupati Kuningan  Acep Purnama dan Wakilnya M Ridho Suganda yang baru saja dilantik pada 4 Desember 2018 lalu memaparkan visi misi Kabupaten Kuningan periode tahun 2019-2023. Penyampaian visi misi itu dilakukan saat sidang paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Kuningan, Rabu (12/12/2018), dengan dihadiri pimpinan DPRD dan  anggota dewan lainnya.

“Pengabdian kami untuk lima tahun kedepan, sekaligus akan menjadi upaya bersama untuk mewujudkan bisi pembangunan Kabupaten Kuningan yaitu Kuningan Maju (Makmur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa,” kata  Acep didampingi Wakilnya Ridho ketika membacakan visi misi dihadapan para anggota dewan.

Menurut Acep, visi itu lahir dari kesadaran bahwa pembangunan sejatinya dilaksanakan untuk mewujudkan kesejahteraan lahir dan bathin, bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan. Jika disampaikan dalam bahasa Sunda berbunyi kemakmuran kanggo sadaya masyarakat, hirup kumbuh nu agamis dina wujud pangawangunan nu pinunjul.

“Kemakmuran yang dimaksudkan dalam visi ini adalah terjaminnya kebutuhan sandang, pangan, papan, pelayanan pendidikan, kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat. Agamis dicirikan dengan kehidupan beragama yang damai, toleran, dan harmonis dalam bingkai NKRI. Pinunjul merupakan cirri keunggulan pembangunan berdasarkan karakter masyarakat Kuningan yang dikenal ulet, pekerja keras, dan pantang menyerah,” papar Acep.

Sebagai kabupaten yang memiliki potensi utama berbasis pertanian dan pariwisata, lanjut Acep, sendi utama penggerak pembangunannya adalah desa. Kesadaran membangun Kuningan dengan membangun desa merupakan warna pembangunan bersama-sama lima tahun kedepan.

“Cita-cita besar ini dapat terwujud dengan komitmen dan dukungan semua pihak, baik jajaran eksekutif, legislatif, dan seluruh mitra kerja kami yang berada di Kabupaten Kuningan. Sinergi semua pihak akan menjadi daya dorong yang besar bagi pencapaian visi kita bersama. Visi Kuningan Maju Berbasis Desa tahun 2023 akan dicaai melalui pelaksanaan 5 misi kami,” terang Acep.

Misi pertama kata Acep, yaitu membangun tata kelola pemerintahan daerah yang profesional, efektif, demokratis dan terpercaya dengan jiwa kepemimpinan nu Sajati. Kedua mewujudkan masyarakat Kuningan nu Sajati dalam kehidupan beragama dan bernegara dalam bingkai kebangsaan dan kebhinekaan.

“Ketiga mewujudkan manajemen layanan pendidikan dan kesehatan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumber daya manusia nu Sajati. Keempat mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan berbasis pertanian, wisata, budaya dan potensi lokal untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat. Kelima mewujudkan pemerataan infrastruktur untuk mendorong lapangan kerja dalam lingkungan yang lestari,” paparnya.

Pencapaian visi misi itu akan dielaborasi lebih dalam melalui mekanisme Musrenbang, dengan memadukan 4 aspek yakni teknokratik, politik, aspiratif, bottom up dan top down.

“Harapan kami, visi misi ini menjadi semangat kita bersama dalam membangun Kabupaten Kuningan lima tahun kedepan. Sekaligus untuk mewujudkan amanat pembangunan jangka panjang yaitu mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Agropolitan dan Pariwisata Termaju di Jawa Barat tahun 2025,” pungkas Acep. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.