OUTDOOR CLASSROOM DAY, INSPIRASI PEMBELAJARAN DI LUAR KELAS


Seputarkuningan.com - SDN 2 Bendungan Desa Bendungan Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan merupakan salah satu sekolah yang turut melaksanakan Outdoor Classroom Day, Kamis (1/11/2018).
SD Negeri 2 Bendungan ini mengusung tema perilaku hidup bersih dan sehat, sarapan setiap hari, cinta tanah air, dan permainan tradisional. Puluhan siswa mengikuti Outdoor Classroom Day di sekolah ini. Bukan hanya kegiatan belajar di luar kelas, para siswa dan guru ini juga melakukan permainan tradisional dan di akhir kegiatan melakukan simulasi sadar bencana.
Menurut salah satu guru, Arma, S.Pd mengatakan sesuai dengan intruksi yang diberikan dari Disdikbud bahwa pada hari ini untuk melaksanaan kegiatan belajar di luar kelas atau Outdoor Classroom Day. Pihak sekolah dan orang tua siswa juga menjamin serta menghormati hak-hak anak untuk dapat mewujudkan Kabupaten Kuningan layak anak. Kemudian menjadikan sekolah sebagai rumah ke-dua dan taman yang menyenangkan bagi anak.

"Sekolah ini bisa menjadi rumah ke-dua bagi anak-anak sehingga mereka nyaman bisa menerima pelajaran yang diberikan guru kepada siswa. Kalau kita nyaman pasti menerima pelajaran akan maksimal hasilnya. Salah satu poin yang paling penting supaya sekolah ini menjadi rumah ke-dua bagi anak sehingga mereka nyaman," kata Arma kepada Seputarkuningan.com.
Kegiatan Outdoor Classroom Day ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, lalu cuci tangan sebelum makan, baca do'a bersama dan sarapan bersama. Kemudian, memeriksa lingkungan, membaca buku di luar ruangan, permainan tradisional dan di akhir kegiatan dilakukan simulasi sadar bencana.

"Kalau menurut saya sangat positif kegiatan ini untuk perkembangan siswa, karena sekarang pemerintah menggalakkan anak-anak itu tidak boleh dikerasi, main pukul juga tidak boleh lagi. Jadi bagaimana supaya anak-anak bisa bersahabat dengan guru, itu kegiatan sekarang. Anak-anak harus diajari saling menghargai, menghormati guru dan ramah kepada sesama siswa sehingga sekolah itu menjadi rumah ke-dua yang bisa dianggap tempat nyaman, aman untuk belajar," pungkas Arma. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.