SURVEY JR : JIKA PILPRES HARI INI, PRABOWO-SANDI UNGGULI JOKOWI-MA'RUF


Seputarkuningan.com - Dalam launching lembaga survei Jamparing Research (JR) disampaikan pula rilis perdana terkait suasana politik menjelang Pilpres dan Pemilu 2019. Jenis survey yang dilakukan oleh lembaga ini salah satunya adalah terkait elektabilitas Capres-Cawapres yang mengikuti kontestansi pada Pemilu 2019.

" Untuk jenis survey ini, kami menanyakan kepada responden jika Pilpres dilaksanakan hari ini pasangan manakah yang akan mereka pilih? ," papar Direktur Eksekutif JR Sohib Muslim kepada awak media, kemarin di Kedai Nangkring Kuningan.

Hasil survey yang dilakukan terkait pertanyaan tersebut didapat angka prosentasi untuk pasangan urut no. 1 Jokowi-Ma'ruf sebesar 27,40 %, sedangkan untuk pasangan nomor urut 2 Prabowo-Sandi didapat angka sebesar 50,80 % dan sisanya 21,80% adalah responden dengan jawaban tidak tahu.

Survey ini, lanjut Sohib, dilakukan pada tanggal 1-10 Oktober 2018 di 15 kecamatan yang ada di lima dapil dengan jumlah responden sebanyak 500 orang. Sohib menegaskan bahwa hasil survey ini murni suara dari masyarakat dan dirinya menjamin independensi lembaga survey yang dipimpinnya.

" Survey yang kami lakukan tanpa ada keberpihakan dan tanpa ada suruhan dari siapa pun," tegas Sohib.

Metode survey yang dilakukan JR menggunakan metode penarikan sampel Multistage random sampling dengan margin eror 4,5 % pada tingkat kepercayaan 95 %. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan responden menggunakan kuesioner.

" Wawancara pun dilakukan kontrol secara sistematis dengan melakukan cek ulang di lapangan (spot check) sebanyak 20 % dari seluruh responden," ujar Sohib. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.