PIPA JEBOL, PDAM KUNINGAN LAKUKAN PERBAIKAN

Seputarkuningan.com - Jebolnya pipa Transmisi diameter 12 inch milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan ini diketahui pertama kali oleh warga setempat, Minggu (26/8/2018) sore sekitar pukul 16.00 wib, pipa tersebut merupakan pipa transmisi utama dari IPA Darma, sehingga menyebabkan distribusi air bersih kepada puluhan ribu pelanggan terhenti atau tidak mengalir sama sekali.

" Ribuan pelanggan yang ada di wilayah cabang pelayanan Kuningan, Luragung dan sebagian wilayah cabang pelayanan Garawangi aliran air hari ini terganggu," ujar Kadiv Transmisi dan Distribusi PDAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan, Maman Suherman yang berada langsung dilokasi untuk mewakili Direktur PDAM Deni Erlanda SE MSI yang saat ini belum pulang ke tanah air karena sedang melaksanakan Ibadah Haji, mengabarkan kepada Info SiTirkam.

Menurut Maman, sebelumnya pihak PDAM menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pelanggan atas kejadian yang tidak diinginkan ini, selanjutnya penyebab pecahnya pipa sebagai saluran utama distribusi air untuk pelanggan diwilayah Kota Kuningan, Luragung dan sebagian wilayah Grawangi  itu kini masih diselidiki, untuk sementara diduga akibat tekanan air yang cukup besar hingga  pecahnya pipa tersebut dan mengakibatkan jalan hotmix amblas dan terseret arus air hampir kurang lebih 100 meter.

" Kami belum bisa memberikan keterangan berapa lama waktu selesainya pekerjaan  perbaikan, saat ini sudah ditangani tim teknis dari Divisi Tranmisi dan Distribusi PDAM Tirta Kamuning. Yang jelas, pekerjaan perbaikan ini secepatnya kami akan selesaikan. Kami upayakan perbaikan akan selesai secepatnya malam ini," ujar Maman.

Maman menambahkan, lokasi pecahnya pipa tersebut berada di jalan Raya Kadugede, tepatnya depan Mesjid Agung Desa Kadugede tak jauh dari kantor PDAM KCP Kadugede. Pihak PDAM pun telah melakukan kordinasi dengan Polsek Kadugede dan juga Koramil Kadugede untuk membantu dalam pengamanan dan pengaturan lalu lintasnya dikarenakan lokasi kejadian pecahnya pipa tepat berada dipinggir jalan raya yang akan membuat lalu lintas kendaraam sedikit terganggu.


Selanjutnya pihak manajemen PDAM Tirta Kamuning Kabupaten Kuningan menghimbau kepada seluruh pelanggan PDAM, dengan terjadinya kebocoran pipa utama 12" di Depan mesjid agung Kecamatan Kadugede, maka s aliran air dari IPA Darma sementara di tutup.

" Untuk itu wilayah pelayanan PDAM di KCP Kadugede, KCP Kuningan,KCP Garawangi dan KCP Luragung yang memanfaatkan air dari IPA Darma sementara akan terganggu. Mohon maaf atas kekurang nyamanannya kiranya dapat menampung air seperlunya hingga perbaikan jaringan pipa dapat kami selesaikan," imbuh Maman.

Tampak pula Drs Ar Sukiman dan H. Ade Petruk selaku Dewan Pengawas PDAM hadir di lokasi untuk memantau langsung jalannya pekerjaan perbaikan.

Tim penanggulangan gangguan pelayanan akan segera melakukan perbaikan. Apabila memerlukan informasi dan bantuan pelayanan darurat hubungi call center kami di 0232 871190 dengan menyebut alamat dan kontak person yang jelas. (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.