KADES LURAGUNG LANDEUH DIPAKSA MUNDUR OLEH WARGA


Seputarkuningan.com - Kepala Desa Luragung Landeuh Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan Uga Nugraha harus menelan pil pahit dengan melepaskan jabatannya menyusul desakan warga yang sudah tidak mau  wilayah desanya dipimpin oleh Uga Nugraha. Kejadian tersebut terjadi dalam pertemuan antara Kades dengan ratusan masyarakat pada Selasa malam (17/7/2018).

Menurut keterangan salah satu tokoh pemuda yang hadir dalam pertemuan tersebut, Aji Muarif mengatakan, ini merupakan puncak kekesalan warga karena kades sudah tidak bisa dipercaya lagi. Kades dipaksa mundur karena sikapnya yang berbelit-belit dalam memberikan penjelasan terkait dana profit sharing yang diperuntukkan bagi warga sebesar 150 juta rupiah.

" Dana tersebut adalah uang yang diberikan pihak investor dari pertokoan Luragung sebelah timur yang diperuntukkan bagi 5 blok di Desa Luragung Landeuh. Pertemuan ini merupakan pertemuan yang ketiga kalinya dilaksanakan. Awalnya akan dikembalikan pada tanggal 15 Juli 2018 lalu, tapi hingga pertemuan kemarin tidak ada realisasinya. Akhirnya kami menuntut kades untuk mundur," kata Aji kepada Seputarkuningan.com saat ditemui di kediamannya, Kamis (19/7/2018).

Sebenarnya, kata Aji, permasalahan di Desa Luragung Landeuh tidak hanya terkait uang sebesar 150 juta rupiah saja, tapi ada banyak persoalan lainnya dari mulai masalah galian pasir, sampah hingga persoalan kinerja kades yang dianggap selama menjabat tidak bekerja. 

" Sudah saatnya desa kami bangkit menuju lebih baik. Kami berharap kejadian ini dapat dijadikan pelajaran bagi siap pun nantinya yang akan menjadi kades agar tidak berbuat seenaknya saja," pungkas Aji.

Sementara itu, Sekretaris Desa Luragung Landeuh Udin Wahyudin membenarkan bahwa kepala desa telah mengundurkan diri pada hari Selasa malam (17/7/2018).

" Iya itu benar. Hanya saja kami belum bisa memberikan keterangan lebih lanjut," kata Sekdes melalui pesan singkatnya. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.