SINTREN, TARIAN MISTIS YANG HAMPIR DILUPAKAN


Seputarkuningan.com - Keberadaan kesenian Sintren yang hampir terlupakan khususnya di Kabupaten Kuningan mendapat perhatian dari Ketua LBH ELIT Kuningan Elit Nurlitasari Ghani,SH. Menurut Elit, keberadaan kesenian Sintren ini hampir punah karena tidak ada warga yang menanggapnya. Jika tidak ada upaya untuk melestarikannya, kesenian sintren sebagai salah satu kekayaan budaya akan punah.

Seperti halnya yang dilakukan Elit, maka pada Sabtu Malam (23/6/2018) kesenian Sintren dari Desa Tanjung Kerta Kecamatan Karang Kancana Kabupaten Kuningan yang tergabung dalam Grup Dara Ayu diundang untuk melakukan pertunjukkan di kediamannya, Desa Margasari Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan.


" Ini sebagai bentuk kepedulian  kami peduli terhadap kesenian tradisional. Awalnya, saya melihat pertunjukkan sintren ini di Desa Cimaja, hal ini mengingatkan saya pada saat usia 15 tahun sering menonton sintren. Hanya saja seiring waktu kesenian ini jarang dipertunjukkan," kata Elit kepada Seputarkuningan.com. 

Karenanya, Elit sangat mendukung jika di tiap kecamatan atau desa perlu digelar acara kesenian tradisional. Lebih jauh Elit mengatakan, kesenian juga dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, karena kesenian sebagai bagian dari kehidupan masyarakat maka keberadaannya harus tetap dilestarikan.

" Antusias warga yang menonton juga sangat luar biasa, hal ini membuktikan bahwa warga pun masih menyukai pertunjukkan seni tradisional," ujar Elit. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.