SAMPAH MENUMPUK DEPAN KSM P3L, WARGA KELUHKAN BAU BUSUK

Kondisi sampah di depan KSM P3L

Seputarkuningan.com - Warga Dusun Pahing Desa Luragung Landeuh Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan mengeluhkan bau busuk yang berasal dari tempat pembuangan sampah yang berada di depan bangunan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Pemuda Pemudi Peduli Lingkungan (P3L). Bau busuk tercium  warga yang bermukim di sekitar tempat tersebut dan warga yang melintasi jalan tersebut.

Pantauan Seputarkuningan.com di lapangan, jauh sebelum ke lokasi pembuangan sampah bau busuk sampah sudah tercium. Bau busuk sampah semakin menyengat saat berada di lokasi tersebut.

Menurut keterangan Ketua KSM P3L A. Mardiana mengatakan, KSM P3L ini diperuntukkan hanya untuk mengelola sampah rumah tangga yang berasal dari 400 KK warga setempat. Yang nantinya, sampah-sampah tersebut akan dipilih mana yang bisa dimanfaatkan mana yang tidak. Bahkan pihak Pemdes Luragung Landeuh pun telah sepakat akan memberikan dana operasional bagi KSM P3L.

" Hanya saja, hampir satu tahun KSM P3L ini ada, dana operasional yang dijanjikan oleh pemdes setempat tidak juga terealisasi hanya janji-janji saja, oleh karena itu KSM P3L berhenti dalam mengelola sampah apalagi saat ditambah sampah dari pasar yang di buang ke tempat ini, " kata Mardiana kepada Seputarkuningan.com saat ditemui di tempat pembuangan sampah, Rabu (30/5/2018).

Sampah yang menumpuk ini, lanjut Mardiana, merupakan sampah yang berasal dari Pasar Luragung yang awalnya di buang di Dusun Manis dekat TPU. Karena sampahnya telah penuh dan menimbulkan bau busuk, akhirnya warga pun menutup tempat tersebut.

" Nah, karena tidak ada tempat pembuangan sampah lainnya,  makanya dari pihak pasar membuang sampah tersebut ke sini.  Yang sangat disayangkan, sampah pasar yang dibuang di sini tanpa melalui kordinasi dengan pihak KSM P3L. Dan ini telah berjalan sekitar 2 bulan hingga akhirnya menimbulkan bau busuk yang menyengat," kata Mardiana.

Warga pun, kata Mardiana, telah melakukan musyawarah dan mengundang Kepala Desa Luragung Landeuh untuk dapat menyelesaikan masalah sampah ini, hanya saja beberapa kali warga melakukan musyawarah Kades tidak pernah menghadirinya. 

" Karena Pak Kades gak pernah hadir tiap kali diundang musyawarah, sampai sekarang belum ada titik temu. Kami pun telah meminta bantuan Dinas Lingkungan Hidup terkait sampah, cuma sama saja sampai sekarang belum ada juga bantuan dari Dinas LH," ujar Mardiana.

Hal senada diungkapkan salah satu warga Oyo Taryana yang mengaku terganggu dengan adanya sampah yang menumpuk tersebut apalagi jika hujan turun bau sampah semakin menyengat. 

" Sebelumnya sih pada waktu sampah pasar belum dibuang ke sini tidak bau, hanya sudah hampir satu bulan bau sampahnya menyengat," ujar Oyo.

Oyo berharap Pemerintah Desa Luragung Landeuh dapat segera mengatasi permasalahan sampah ini secepatnya. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.