PRESIDEN JOKOWOI DATANG, WARGA KAWUNGSARI GELAR AKSI

Warga Desa Kawungsari saat melakukan aksi


Seputarkuningan.com - Puluhan Warga Desa Kawungsari Kecamatan Cibereum yang merupakan salah satu desa terdampak dengan adanya proyek pembuatan Waduk Cileweung. Desa Kawungsari rencanyanya akan ditenggelamkan dan warga satu desa tersebut akan direlokasi. Hanya saja, setelah proyek Waduk Cileuweung tersebut berjalan hingga saat ini warga Desa Kawungsari masih terkatung-katung nasibnya disebabkan belum adanya ganti rugi dan lahan untuk relokasi. Keresahan warga ini, diluapkan dengan melakukan aksi pada saat Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Waduk Cileuweung, Jumat (25/5/2018).
Warga Desa Kawungsari meminta presiden RI Joko Widodo menyelesaikan sengketa permasalahan tersebut. Pasalnya, dalam pembangunan waduk tersebut, tidak sedikit rumah warga yang akan menjadi tenggelam oleh volume air waduk tersebut. Dalam aksi tersebut, warga membentangkan spanduk yang bertuliskan " Kami minta tanah dan rumah kami yang terkena dampak Waduk Kuningan sesuai dengan janji pemerintah daerah Kab. Kuningan segera dibayar !!! "
" Kami hanya ingin menyambut kedatangan Bapak Presiden dan menyampaikan aspirasi dari kami warga Desa Kawungsari yang nasibnya hingga saat ini masih terkatung-katung, sedangkan proyek waduk Kuningan terus berjalan," kata salah satu warga Desa Kawungsari Asep Kusnara.
Menurut Asep, hingga saat ini warga belum mencapai kesepakatan mengenai harga ganti rugi karena nilai yang ditawarkan dianggap tidak wajar. Warga menuntut pembayaran ganti rugi lahan mereka sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh APBN bukan harga yang ditawarkan oleh calo.
"Sampai saat ini belum jelas ganti rugi atas hilangnya lahan dan tempat tinggal kami. Makanya,  dikesempatan dan agenda kunjungan Pak Jokowi,  kami minta presiden bisa menyelesaikan permasalahan yang sebenarnya terjadi di sini," kata Asep. 
Aksi warga ini  dijaga ketat aparat keamanan yang menghalangi warga untuk menemui Presiden RI Joko Widodo. Akan tetapi, warga tidak mampu menembus aparat keamanan yang menjaga ketat kunjungan kerja Presiden RI tersebut. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.