PANTAU HARGA, TIM SATGAS PANGAN LAKUKAN SIDAK KE PASAR

Tim Satgas Pangan saat lakukan sidak

Seputarkuningan.com - Guna memastikan ketersediaan stock beras selama bulan Ramadhan hingga Hari Raya idul Fitri nanti serta melihat fluktuasi harga pangan yang belakangan diketahui mengalami lonjakan, terutama untuk cabe merah dan daging ayam, Tim Satgas pangan Kabupaten Kuningan, Selasa (22/5/2018)  lakukan sidak ke  pasar tradisional di Kecamatan Ciawigebang. Sidak ini dipimpin langsung Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP Syahroni, Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kuningan Dodi Nurohmatudin, Kabid Pendistribusian Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kuningan Maryoto, Perwakilan Bulog Sidaraja Hanafi.
Kasat Reskrim Polres Kuningan AKP Syahroni  menyebutkan sidak dilakukan sebagai upaya menjaga stabilitas harga-harga yang melonjak di luar kewajaran.
“ Tim Satgas pangan turun untuk mengecek langsung harga-harga yang berada di pasar tradisional dan menjaga stabilitas juga ketersedian stok selama Ramadhan hingga hari Raya Idul Fitri nanti," kata Syahroni usai melakukan sidak kepada awak media. 
Syahroni menambahkan,  dalam hasil sidak yang dilakukan ini terjadi kecenderungan penurunan harga pada hari ini. Ini terlihat dari harga daging sapi yang kembali normal sebesar rp 120 ribu per kg yang sebelum Ramadhan mencapai hingga rp 150 ribu per kgnya. Begitu juga dengan harga daging kambing yang mengalami penurunan hingga rp 90 ribu per kgnya. Untuk harga cabe pun sudah mengalami penurunan yang semula rp 40 ribu per kg kini menjadi rp 30 ribu per kg.
 " Hasil sidak tadi, harga-harga sudah mulai kembali normal hanya saja untuk daging ayam masih di kisaran harga rp 38 ribu per kgnya. Nanti kami akan coba datangi tempat pemotongan ayamnya agar dapat menurunkan harga menjadi normal kembali di kisaran rp 32 ribu per kgnya," papar Syahroni.
Lebih lanjut dikatakan, masih  tingginya harga cabe dan bawang dikarenakan  iklim yang tidak bersahabat ataupun pasokan yang berkurang.Selain cabe, dan daging ayam, sidak yang dilakukan tim satgas juga memastikan ketersedian beras di Gudang Bulog Sidaraja mencukupi hingga Hari Raya mendatang dengan mendatangi langsung gudang Bulog di Sidaraja. 
Menurut salah satu perwakilan Bulog, Hanafi, bahwa stok beras di gudang Bulog Sidaraja mencapai 1.500 ton dan dipastikan akan mencukupi kebutuhan masyarakat hingga Hari Raya mendatang. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.