JELANG RAMADHAN, TIM SATGAS PANGAN LAKUKAN SIDAK PASAR


Tim Satgas Pangan saat lakukan sidak di Pasar Baru Kuningan


Seputarkuningan.com - 
Satgas Pangan Polres Kuningan bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kuningan melakukan sidak ke pasar yang berada di Kuningan, salah satunya yaitu Pasar Baru Kuningan.Tim Satgas Pangan ini  memantau harga barang kebutuhan pokok  menjelang bulan Ramadhan. Sidak ini dipimpin langsung oleh Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan, SIK didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Agus Sadeli, Perwakilan Dinas Pertanian, Ka Bulog Sub Drive Cirebon, serta jajaran pejabat utama Polres Kuningan lainnya.


Hasil sidak ini nantinya,  akan digunakan untuk mengevaluasi fluktuasi pergerakan harga menjelang Ramadan dan lebaran dan agar dapat  mengantisipasi lonjakan harga. Sidak juga dilakukan untuk mengantisipasi adanya pedagang nakal yang menaikkan harga dengan seenaknya.

"Hari ini kami bekerjasama dengan Disperindag Pemkab Kuningan  melakukan sidak pasar untuk memantau harga kebutuhan sembako  yang salah satunya adalah kebutuhan yang paling utama yaitu beras, ayam, dan telur," kata Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan, SIK, di Pasar Baru Kuningan,  Rabu (2/5/2018).

Hasil sidak yang dilakukan untuk harga beras masih sekitar rp 10.000/kg, harga telur masih stabil sekitar rp 24.000/kg sedangakan harga daging ayam mengalami kenaikan menjadi rp 33.000/kg yang semula rp 30.000/kg. Sedangkan untuk lauk pauk belum mengalami kenaikan masih harga stabil yaitu untuk ikan mujair rp 26.000/kg dan harga ikan gurame rp 50.000/kg. Untuk daging sapi pun masih dianggap stabil yakni rp 112.000/kg.


" Dari pantauan tadi, hanya harga daging ayam saja yang mengalami kenaikan sementara untuk sayur mayur masih dijual dengan harga stabil," ujar Imann

Iman menambahkan Tim Satgas Pangan akan terus melakukan pemantauan terhadap harga- harga sembako sehingga pada saat memasuki bulan Ramadhan dan lebaran nanti tidak mengalami kenaikan yang tinggi.

" Nanti kami pun akan melakukan kordinasi dengan para distributor. Tentunya akan ada sanksi jika ditemukan ada pihak distributor yang menaikkan harga seenaknya ataupun menimbun sembako," kata Iman.

Sementara itu, menurut salah satu pedagang daging Supriatna mengatakan bahwa saat ini pasokan daging masih cukup dan harga pun masih stabil. Diharapkannya, pada saat lebaran nanti tidak akan kekurangan pasokan daging sehingga tidak menyebabkan kenaikan yang tinggi.

" Kalau sekarang sih pasokan dan harga masih aman," kata Supriatna..

Sidak yang dilakukan Tim Satgas Pangan ini, tidak hanya menyasar Pasar Baru saja,  tetapi juga melakukan peninjauan langsung ke gudang BULOG yang berada di Jalan Raya Bandorasawetan. Hasilnya, BULOG masih memiliki cadangan beras sebanyak 500 ton dan akan melakukan operasi pasar jika diperlukan. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.