FESTIVAL SHOLAWAT NUSANTARA JADI PEREKAT KEBANGSAAN


Seputarkuningan.com - Festival Sholawat Nusantara (FSN) dengan tema " Cinta Sang Nabi " telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu. Babak penyisihan sedang berlangsung di seluruh kabupaten/kota di Indonesia. Untuk Kabupaten Kuningan pembukaan Festival Sholawat Nusantara dilaksanakan di Halaman Kantor Kecamatan Luragung Kabupaten Kuningan, Minggu (6/5/2018).

 FSN ini dilaksanakan secara serentak di seluruh kecamatan se-Kabupaten Kuningan, yang nantinya pemenang di kecamatan akan mengikuti babak penyisihan di tingkat Kabupaten yang akan mewakili di tingkat provinsi. Dan pemenang pada tingkat provinsi akan bertanding di tingkat nasional untuk memperebutkan piala Presiden.

Menurut Ketua Penyelenggara FSN Kecamatan Luragung  Kyai Muhammad Sis Nawawi mengatakan, untuk Kecamatan Luragung diikuti oleh 12 peserta yang mewakili desa se-Kecamatan Luragung.


 “ Dengan tema Cinta Sang Nabi, kami ingin menabur kembali nilai Islam yang penuh bahasa cinta, bukan bahasa perbedaan dan kebencian. Ini adalah upaya merawat tradisi dan kearifan lokal sekaligus mengangkat kembali kekayaan Islam Nusantara,” kata M. Sis Nawawi kepada Seputarkuningan.com.
Sis Nawawi mengungkapkan, kekayaan tradisi shalawat di Indonesia adalah bukti bahwa kehadiran Islam tidak menggerus budaya lokal tapi justru membaur dan saling menguatkan. Digelarnya acara ini sekaligus sebagai inisiatif untuk lebih mengedepankan ajaran Islam yang damai dan menumbuhkan kecintaan pada Nabi Muhammad SAW.

“Kita perlu mengingatkan kembali ruh ajaran Islam yang meneladani akhlak Rasulullah. Shalawat sebagai ekspresi cinta umat kepada Nabinya merupakan salah satu cara untuk memberikan nuansa Islam yang sejuk,” katanya.

Acara ini, kata Sis Nawawi, terlaksana atas kerjasama beberapa organisasi masyarakat yang berada di wilayah Kecamatan Luragung dan NMC NU.
“Kesemua lembaga ini memang yang selama ini menjadikan tradisi shalawat sebagai bagian dari nafas perjuangannya. Jadi ini adalah kerja besar dan kerja bersama untuk tujuan manggaungkan kecintaan kita kepada Sang Nabi,” pungkas Sis Nawawi.

Dalam acara ini tampak hadir Camat Luragung Beni Prihayitno, Kapolsek Luragung AKP Agus Suroso,  Danramil Luragung Kapten Inf. Muadi, Ketua LBH ELIT Kuningan Hj. Elit Nurlitasari Ghani, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan Toni Kusmayanto, Kordinator Pelaksana Jawa Barat, serta tamu undangan lainnya.
(Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.