PASTIKAN TIDAK ADA PRODUK IKAN KALENGAN BERCACING, DISPERINDAG LAKUKAN SIDAK



Seputarkuningan.com - Dengan melibatkan  petugas Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag)  Provinsi Jawa Barat, Kepolisian dan Dinas Kesehatan, Disperindag Kabupaten Kuningan melakukan sidak ke sejumlah pedagang kelontong di pasar tradisional dan supermarket, Selasa (10/4/2018).

Dipimpin langsung oleh Kepala Disperindag Kuningan Agus Sadeli, memulai pemeriksaan di beberapa toko grosir Pasar Kepuh. Sidak ini dilakukan sebagai tindak lanjut Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  tentang temuan adanya cacing pita pada produk ikan kaleng. Dua toko besar didatangi petugas dan meminta pemililiknya menunjukkan produk ikan kaleng yang dijual. Hasilnya tidak ada satupun pedagang yang menjual ikan kalengan jenis mackarel. Begitu pun di Pasar Baru Kuningan, petugas tak menemukan adanya ikan kaleng jenis mackarel dari 16 merk produk impor dan 11 merk produk dalam negeri.

" Sempat jual ikan mackarel tapi gak laku akhirnya saya tidak pernah order lagi. Pada waktu ada berita tentang cacing pita, saya tenang aja karena udah lama gak jual," kata salah satu pedagang di Pasar Baru Titi.

Tempat terakhir yang dilakukan sidak adalah di Toserba Yogya Cijoho, di tempat ini pun tidak ditemukan adanya ikan kalengan jenis mackarel, karena semenjak ramai pemberitaan terkait cacing pita yang terdapat dalam ikan kalengan jenis mackarel ini, pihak Toserba Yogya telah mengosongkannya.


" Alhamdulillah, hasil sidak hari ini tidak ditemukan adanya ikan kalengan jenis mackarel yang mengandung cacing pita baik produk lokal maupun impor. Ini membuktikan, para pedagang tersebut mematuhi intruksi dari kami," kata Agus Sadeli usai melakukan sidak.

Tidak menutup kemungkinan, kata Agus, masih terdapat di warung-warung kecil. Agus menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati dan teliti sebelum membeli dan memastikan yang dibelinya bukan jenis mackarel. (Jopray)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.