PASCA UJIAN SMA/SMK, PEMOHON SKCK MENINGKAT

Tampak pemohon SKCK di Mapolres Kuningan yang mengalami peningkatan


Seputarkuningan.com - Pasca pelaksanaan Ujian Nasional bagi siswa siswi tingkat SMA/SMK,  jumlah pemohon Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai salah satu syarat untuk melamar kerja ke luar kota maupun melanjutkan ke perguruan tinggi di Mapolres Kuningan meningkat.
“Usai ujian ini banyak yang datang untuk melakukan permohonan SKCK. Ada yang pemohon baru, ada juga yang perpanjang," kata Kapolres Kuningan AKBP Yuldi Yusman melalui Kasat Intelkam AKP Iwan Rasiwan kepada Seputarkuningan.com, saat ditemui di ruang kerjanya Senin (16/4/2018).
Menurut Iwan,  pemohon pembuatan SKCK yang datang hari ini  rata-rata didominasi anak-anak usia SMA yang baru menyelesaikan ujian nasional. Meski tidak dijelaskan secara rinci berapa jumlah yang telah membuat SKCK namun menurutnya, dapat diperkirakan jumlah tersebut jauh meningkat dibanding hari biasanya. Para pemohon sendiri, kata Iwan,  kebanyakan merupakan pemohon baru, sisanya memperpanjang SKCK. Mereka memiliki kepentingan beragam setelah menyelesaikan pendidikan ditingkat SMA.

“Bisa dilihat yang datang hampir kebanyakan usia sekolah mereka sengaja membuat SKCK untuk melamar kerja ataupun melanjutkan kuliah. Untuk hari ini diperkirakan ada sekitar 200 orang yang mengajukan permohonan SKCK,"  sekitar 30 hingga 40 orang sehari,” ujar Iwan.
Meski jumlah meningkat, pihaknya mengaku terus mengupayakan memberikan layanan maksimal kepada warga. Sebab, selain sudah menjadi kewajiban sebagai pengayom masyarakat. Hingga ketersediaan blanko pun telah diantisipasi sebelumnya hingga tidak menyebabkan kekurangan.
" Blanko sudah kami siapkan bahkan hingga akhir tahun ini masih bisa mencukupi," imbuh Iwan.
Tahapan untuk membuat SKCK tidak membutuhkan waktu yang lama. Asalkan, kata Iwan, para pemohon membawa persyaratan yang ditetapkan lengkap yaitu  fotokopi KTP, akte kelahiran, pas foto 4X6 6 lembar, rumus sidik jari dari reskrim, dan fotokopi Kartu Keluarga.
Sementara salah satu pemohon SKCK, Farida (18) warga asal Desa Kadugede Kecamatan Kadugede  mengatakan, dirinya sengaja datang ke Mapolres Kuningan  membuat SKCK untuk melamar kerja usai kelulusan nanti. " Buat persiapan aja kalau nanti sudah lulus kan tinggal melamar pekerjaan," kata Farida. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.