KUSWARA : DAMPAK NEGATIF GALIAN, WARGA BERHAK MENDAPATKAN PERLINDUNGAN

Seputarkuningan.com - Salah satu tokoh masyarakat yang merupakan pituin Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin yang juga cucu mantan Kepala Desa Cipondok  Alm. Suhaemi H. Kuswara Sastra Permana menyampaikan, kegiatan penambangan galian batu yang akan beroperasi di Dusun Cibodas Desa Cipondok Kecamatan Cibingbin tersebut dapat mengancam kehidupan warga yang ada di sekitar lokasi galian.

Kata Kuswara, dampak ekologis yang akan diakibatkan nantinya dapat mengalami  longsor karena kondisinya tebing yang terkikis air deras jika hujan turun. " Secara tofografi kondisi bukitnya berpasir, tanah gembur, berkerikil dan berbentuk lereng. Jika galian batu ini tetap beroperasi maka akan mengancam kehidupan warga yang ada di sekitarnya," kata Kuswara kepada Seputarkuningan.com Kamis (5/4/2018).
Kuswara pun merasa miris dengan adanya bencana banjir yang melanda di desanya selama dua tahun berturut-turut yang diduga akibat adanya pembalakan liar dan galian. Bersama warga yang lainnya, Kuswara pun secara tegas menyatakan menolak adanya lokasi galian batu tersebut. Bahkan, menurut Kuswara masyarakat pun memiliki hak dan kesempatan yang sama dan seluas-luasnya untuk berperan aktif dalam perlindungan dan pengelolaan sesuai dengan UU no. 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolan sumber daya alam.
" Menurut Undang-undang Nomor 4 tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan batubara, pada pasal 145 mengenai masyarakat berhak mendapatkan perlindungan terhadap dampak negatif yang diakibatkan aktifitas pertambangan. Oleh karena itu, secara tegas kami menolak adanya galian batu di Dusun Cibodas Desa Cipondok. Dan berharap kepada pemerintah daerah dapat membantu masyarakat yang ada di sini. Apa yang dilakukan oleh warga dengan menolak galian tersebut merupakan bentuk kesadaran terhadap dampak dan kelangsungan lingkungan hidup. Apalagi wilayah pertambangan merupakan kawasan rawan bencana longsor dan erosi," jelas Kuswara. 

Kuswara pun memberikan dukungan moril kepada masyarakat Desa Cipondok untuk tidak merasa takut dalam memperjuangkan haknya atas lingkungan hidup yang baik, aman dan sehat.
(Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.