BERDAYAKAN EKONOMI UMAT, MUI GANDENG MEDCO DIRIKAN KOPERASI SANTRI


Seputarkuningan.com - Upaya konkrit yang dilakukan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan tindak lanjut dari Kongres Ekonomi Umat, maka dengan menggandeng MEDCO dan bekerja sama dengan semua komponen, MUI mendirikan Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN). Hal ini diungkapkan oleh Ketua MUI Pusat KH. Ma'ruf Amin saat melaksanakan panen raya jagung modern dan launching KMSN di Desa Sindang Kecamatan Lebakwangi Kabupaten Kuningan, Rabu (4/4/2018). 
" Para kyai dan santri harus maju, tidak hanya berjuang dalam perang tapi dalam bidang ekonomi dan jasa lainnya pun harus dapat berperan serta," kata Ma'ruf.
Pendirian koperasi ini juga berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi umat dengan isu-isu perkembangan perekonomian, baik internal ataupun eksternal, nasional ataupun global. Diharapkannya, koperasi ini dapat menjadi wadah pemberdayaan ekonomi, sekaligus menjadi pemersatu dalam menghadapi persaingan bebas di tingkat nasional dan global.
Sementara itu, Plt. Bupati Kuningan Dede Sembada mengatakan, pemerintah Kabupaten Kuningan sangat mendukung dengan adanya pendirian KSMN ini. " Pembangunan koperasi perlu menjadi prioritas utama pembangunan ekonomi daerah maupun nasional. Pembangunan koperasi sebenarnya harus tumbuh dari prakarsa masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat secara mandiri dengan sistem ekonomi kerakyatan," kata Dede.
Dede berharap, adanya KMSN ini dapat menjadi wadah dalam mengembangkan usahanya dan dapat meningkatkan kesejahteraan anggota maupun masyarakat sekitarnya.
Selain itu, hasil panen jagung yang juga dibudidayakan oleh KMSN ini mendapatkan hasil yang luar biasa. Pada perkiraan awal, hasil yang dicapai hanya sekitar 5 ton saja namun ternyata setelah dipanen mendapatkan hasil mencapai 9 ton. 
Di akhir acara, dilakukan penandatanganan MoU antara Kementrian Desa, Pemerintah Kabupaten Kuningan, KTNA Pusat dan Asosiasi Petani Jagung Indonesia.  (Elly Said)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.