TRANSPARANSI PUBLIK, PEMDES CIDAHU PAMPANG APBDes

Seputarkuningan.com - Pemerintah Desa Cidahu Kecamatan Cidahu Kabupaten Kuningan memasang baligho di depan kantor Kepala Desa Cidahu tentang Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) Desa Cidahu tahun 2018. 

Hal itulah dilakukan Kepala Desa Cidahu Kecamatan Cidahu Rudi Rahmat. Baliho berukuran besar didirikan Danis mengangkat judul besar ' APBDes Desa Cidahu Kecamatan Cidahu'. Dicantumkan bahwa Pemdes Cidahu bersama BPD Cidahu  menyepakati APBDes 2018 untuk pembinaan dan pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan.Total APBDes yang dimiliki desa ini mencapai sekitar Rp 1,394 miliar, berasal dari Pendapatan Asli Desa (PADes) sebesar  Rp 101.300.000 , ADD sebesar Rp 357.097.500, Dana Desa (DD)  senilai Rp 776.833.000, Bantuan Kabupaten sebesar Rp 14.034.000,Bantuan Propinsi sebesar Rp 115.000.000, Bagi Hasil Pajak Rp 9.251.600 dan pendapatan lain-lain sebesar Rp 21.110.000.

 Sebanyak 32,4 persen diperuntukkan bagi penyelenggara pemerintahan, dan 67,6 persen untuk masyarakat dan pembangunan.

Kades Cidahu Rudi mengatakan, publikasi anggaran sengaja dipasang dengan semangat transparansi dan  menguatkan partisipasi masyarakat, karena mereka akan merasa memiliki anggaran tersebut. 

"Kita lakukan ini juga sesuai aturan baik Kemendagri, Kemendes, Permenkue, semua kita rangkum agar masyarakat tahu," kata Rudi kepada Seputarkuningan.com di ruang kerjanya Selasa (27/3/2018).Danis berbincang dengan detikcom, Sabtu (25/6/2016).Dia melanjutkan, mengacu kepada aturan di atas sekitar 67,2 persen APBDes digunakan untuk peningkatan infrastruktur yang pertama dengan semangat menggiatkan ekonomi lokal.

"Prioritasnya menunjang kebutuhan warga dan ekonomi lokal. Contoh jalan menuju area persawahan, gang-gang kecil jalannya diperbaiki. Secara tidak langsung infrastruktur baik, akan membangkitkan semangat warga untuk bekerja," sambung Rudi.

Diungkapkan, dalam proses peningkatan infrastruktur nanti secara total akan melibatkan warga. "Jadi semua warga ikut andil secara profesional hingga partisipasinya bisa lebih," ungkap Rudi.

Rudi menjelaskan, ada 10 program utama pada tahun anggaran 2018 yang akan dilaksanakan di antaranya adalah 
1. Pembangunan dan pemeliharaan irigasi tersier
2. Pembangunan TPT irigasi sawah dangdeur Dusun Wage
3. Pembangunan Mesjid Nurul Huda Desa Cidahu
4. Pelatihan teknologi tepat guna
5. Pelatihan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam
6. Pemberdayaan bagi masyarakat disabilitas
7. Kegiatan promosi kesehatan (Promkes)
8. Kegiatan pos Keluarga Berencana Desa (KB Desa)
9. Peningkatan kapasitas kelompok pemuda
10. Bantuan operasional Taman Pendidikan Al Qur'an dan MD


" Dana desa ini tidak mestinya dirahasiakan, mari kita sama-sama kawal pelaksanaannya bersama seluruh masyarakat Desa Cidahu," pungkas Rudi. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.