LESTARIKAN BUDAYA SUNDA, DISDIKBUD KUNINGAN GELAR LOMBA RAMPAK PUPUH


Seputarkuningan.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan menggelar lomba Rampak Pupuh Guru se-Kabupaten Kuningan yang diselenggarakan di GOR Ewangga Komplek Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan, Selasa (27/3/2018).

Lomba rampak pupuh Guru ini diikuti oleh 29 peserta dari tiap UPTD Pendidikan Kecamatan.Menurut keterangan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kuningan Dian Rahmat Yanuar melalui Kepala Bidang Kebudayaan Dodon Sugiharto mengatakan lomba pupuh ini merupakan salah satu upaya bidang kebudayaan dalam memelihara, melestarikan, mengembangkan dan mengeksplor potensi budaya sunda.

" Selain itu, dengan adanya lomba pupuh ini dapat memotivasi guru dalam menguasai pupuh dan nantinya dapat dikenalkan kepada anak didiknya di sekolah. Melalui lomba ini juga agar dapat mengembangkan potensi budaya sunda hingga tidak kalah dengan lagu modern," kata Dodon kepada Seputarkuningan.com.

Dengan mengusung tema ' Melalui pupuh kita bentuk insan dan ekosistem pendidikan dan kebudayaan yang berkarakter dengan berlandaskan sikap gotong royong' ini, lanjut Dodon, akan dapat lebih mempunyai perhatian terhadap seni budaya leluhur agar dapat meningkatkan dan mengembangkan salah satu jati diri kearifan lokal budaya sunda.


" Alhamdulillah dari 32 kecamatan hanya 3 kecamatan yang tidak mengikuti salah satunya kecamatan Ciniru yang memang sedang dilanda musibah.Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para guru yang begitu antusias mengikuti lomba ini," ujar Dodon.

Hasil dari lomba ini juara 1 diraih oleh Kecamatan Cidahu, juara 2 oleh Kecamatan Garawangi dan juara 3 oleh Kecamatan Jalaksana. Sedangkan juara harapan 1  Kecamatan Cipicung, juara harapan 2 Kecamatan Japara dan juara harapan 3 Kecamatan Selajambe.
(Elly Said)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.