JOB FAIR, STANDAR GAGALNYA KE-MANDIRI-AN




Seputarkuningan.com - Dari tahun ke tahun event Job Fair selalu hadir di Kabupaten Kuningan. Di tahun ini ada 40 perusahaan yang terlibat di dalamnya. Dari satu sisi, Job Fair terlihat membantu membantu para pencari kerja, utamanya bagi para pemuda usia produktif. 

Namun jika dilihat dari sisi yang lain, adanya job fair  ini justru mengikis sisi kemandirian anak muda. " Job fair ini hanya membuat pencari kerja untuk mencari pekerjaan, tapi tidak dapat membantu mendidik untuk dapat menciptakan lapangan kerja,"  ungkap Akhdiat Biqi Sudrajat aktivis Kuningan Inside kepada Seputarkuningan.com Sabtu (10/3/2018).

Lebih lanjut pria yang akrab dipanggil Biqi ini menerangkan, kalau masing-masing perusahaan memiliki 10 posisi yang dibutuhkan, berarti 400 pencari kerja di tahun ini akan mendapatkan pekerjaan. Jelas disitu terlihat, pemerintah dalam hal ini dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Kuningan.

" Namun, kita harus ingat, kita tinggal di Kabupaten Kuningan yang salah satu visinya adalah Mandiri. Sudah sekian tahun kenapa sisi "mandiri" tidak lebih dikedepankan dalam kurun waktu kepemimpinan. Dari Job Fair mungkin baiknya beralih ke Business Fair, Entrepreneur Fair atau apalah sebutannya yang lebih keren," ujar Biqi.

Lebih lanjut Biqi,  memaparkan, tidak hanya dengan melibatkan 40 perusahaan sebagai penyedia posisi kerja, melainkan peran 40 perusahaan dapat memberikan bantuan modal untuk usaha kecil atau calon usahawan yang telah mengikuti kegiatan dimaksud. Jika satu perusahaan menanggung modal satu calon/usaha kecil, maka di tahun ini akan terbentuk 40 usaha baru. " Bukankah itu lebih "Mandiri"? Lebih dekat satu langkah untuk merealisasikan visi yang telah ditetapkan. Bukankah kita punya Perda No.3 tahun 2012 tentang CSR, yang dapat mengikat perusahaan untuk mau menjadi Bapak asuh usaha kecil. Setidaknya mengingatkan bahwa CSR harus lebih diarahkan pada usaha-usaha produktif, tidak semata-mata konsumtif," pungkas Biqi. ( Elly Said )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.