EMIL : POTENSI PARIWISATA KUNINGAN SANGAT BESAR

Emil saat berkunjung di Sukageuri View

Seputarkuningan.com - Hari kedua kunjungan  calon gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Kabupaten Kuningan menyempatkan berkunjung ke obyek wisata alam Sukageuri View Desa Cisantana Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Senin (26/3/2018).

Dalam  dua hari tersebut, pria yang akrab disapa Emil itu mendatangi sejumlah objek wisata, seperti Waduk Darma dan Sukageuri View. Menurut Emil, Kabupaten Kuningan memiliki potensi yang besar dalam sektor pariwisata apalagi Kabupaten Kuningan memiliki panorama alam yang cukup menjanjikan dan bisa dijadikan modal besar salam mendorong perekonomian Kuningan khususnya di sektor pariwisata.


“ Sektor pariwisata adalah solusi paling cepat, paling murah, paling mudah untuk meningkatkan ekonomi lokal. Nantinya, kabupaten Kuningan ini akan kami prioritaskan sebagai kabupaten pariwisata, berbasis pertanian dan alam,” ujar Emil kepada awak media.

Untuk Sukageuri View, kata Emil, panorama alamnya telah mendukung hanya tinggal melakukan pengembangan agar dapat lebih menarik perhatian para pengunjung. Secara langsung, Emil pun membuat sketsa untuk penataan di Sukageuri. " Konsep untuk Sukageuri ini bisa ditambahkan dengan adanya Glamor Camping atau Glamping, sawah yang dikreasikan dengan berbagai tanaman hingga memiliki nilai jual yang lebih bagi para turis dan spending time cukup lama," kata Emil.

Emil menambahkan,  aksesbilitas menjadi poin kunci dalam pengembangan pariwisata di Jabar. Kehadiran Bandara Kertajati, Majalengka, diprediksi akan mendorong jumlah kunjungan ke Kabupaten Kuningan.

“Kunci dari pariwisata itu adalah jarak dan koneksi. Dulu ke sini butuh waktu enam jam tapi nanti setelah bandara selesai, waktu tempuhnya tak lebih dari satu jam. Kunjungan ke Kuningan pun pasti akan meningkat. Ini yang akan menjadi keunggulan Kabupaten Kuningan,” tutur Emil.

Jika terpilih nanti, Emil akan melaksanakan program gerbang desa yang dijadikan program unggulannya yaitu satu desa dengan satu perusahaan yang dikelola oleh warga lokal dan BUMDES.

Dengan demikian, lanjut Emil, masyarakat tak perlu hijrah ke kota lantaran perusahaan yang dikelola desa mampu menyerap lapangan kerja. " Kuningan ini tidak kalah dengan Bali hanya saja kurang populer, makanya biarkan jadi tugas saya untuk memperbaiki dan menyiapkan infrastrukturnya jika terpilih nanti," pungkas Emil. (Elly Said)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.