TERLIBAT KAMPANYE, ANGGOTA DPRD HARUS CUTI

Abdul Jalil Hermawan
Seputarkuningan.com - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuningan  yang hendak mengikuti kampanye pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuningan 2018 diminta untuk mengajukan cuti.
Demikian dikatakan salah satu komisioner Panwaslu Kabupaten Kuningan Abdul Jalil Hermawan, menurutnya anggota dewan bisa mengikuti kampanye setelah mengajukan cuti.
“ Hingga saat ini belum ada satu orang pun anggota dewan yang mengajukan cuti, karena anggota dewan boleh mengikuti kampanye tetapi harus mengajukan cuti diluar tanggungan negara tiga hari sebelum pelaksanaan kegiatan,” ujar Jalil kepada Seputarkuningan.com Kamis (1/3/2018) saat ditemui di kantor Panwaslu Kabupaten Kuningan.
Hal ini, kata Jalil,  sesuai dengan ketentuan dalam pasal 63 ayat 1 – 5 PKPU Nomor 4 Tahun 2017 terkait kampanye dalam pilkada. dan peraturan Bawaslu no. 12 tahun 2017 yang mengatur bahwa para anggota dewan yang menjadi tim sukses atau kegiatan pasangan calon harus cuti. 
" Bagi para anggota DPRD, izin atau cuti kampanye dapat diajukan ke pimpinan DPRD kabupaten atau ketua fraksi,” ujar Jalil,
Selain mengajukan cuti, mereka juga dilarang menggunakan fasilitas negara ketika ikut kampanye.
" Dilarang untuk menggunakan fasilitas negara seperti kendaraan dinas karena kewenangan program dan anggaran atau kegiatan lainya terkait jabatanya yang dapat menguntungkan atau merugikan pasangan calon dalam pilkada baik dalam wilayah kewenanganya maupun wilayah lain yang diatur dalam ayat 3 PKPU nomor 4 tahun 2017,” pungkas Jalil. ( Chacha )


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.