SAMBUT IMLEK WARGA TIONGHOA KUNINGAN LAKUKAN RITUAL MANDIKAN PATUNG DEWA

Seputarkuningan.com - Menjelang datangnya Hari Raya Imlek yang jatuh pada tanggal 16 Pebruari 2018 puluhan patung dewa yang ada di Klenteng Kun An Tong di Jalan Siliwangi Kuningan dimandikan dengan air kembang. Para jamaah Klenteng tersebut berharap, datangnya Imlek di tahun ini dapat membawa keberkahan.

Satu per satu patung yang berjajar itu dikeluarkan. Termasuk patung dewa tertua yang berada di Klenteng itu.  Selanjutnya, pakaian yang membalut patung tersebut dilepas. Air yang bercampur kembang juga disiapkan. 

Tahap akhir, patung itu dimandikan secara bergantian. Bau harum langsung tercium. Setelah semuanya beres, patung para dewa itu dikembalikan ke tempat semula. Selain patung, altar yang digunakan untuk sesembahan juga dibersihkan oleh para Jemaah.

Ketua pengurus Klenteng Kun An Tong Kuningan  mengatakan, ritual membersihkan altar dan memandikan patung dewa-dewi ini dilakukan hanya satu kali dalam satu tahun saja yakni menjelang perayaan Imlek. " Ini sudah merupakan tradisi setiap menjelang Imlek semua patung yang ada di klenteng ini akan dibersihkan dan dimandikan oleh petugas khusus dibantu jemaah lainnya," kata Toto kepada Seputarkuningan.com Minggu (11/2/2018).

Oleh karena itu, lanjut Toto, makna membersihkan altar berarti pula senantiasa mengintropeksi, membersihkan batin agar selalu mengingat yang baik, merenung dan memperhatikan yang baik. 


Toto menambahkan, memandikan patung dewa merupakan ritual tiap tahun menjelang datangnya Imlek. "Kami berharap perayaan Imlek berjalan damai. Sehingga suasana rukun tetap terjaga," pungkas Toto. (Chacha)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.