RUMAH WARGA HAMPIR AMBRUK, BEGINI KATA KADES BABAKANREUMA


Seputarkuningan.com - Pemerintah Desa Babakanreuma Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan telah mengalokasikan sejumlah dana untuk program Rutilahu rumah warganya dan salah satunya adalah rumah milik Cusrati (35) warga Blok Puhun Rt 04 Rw 04  yang telah masuk dalam daftar penerima program Rutilahu melalui Dana Desa tahun 2018.
Kepala Desa Babakanreuma Salim mengatakan hal tersebut ketika dikonfirmasi terkait kondisi rumah milik Cusrati yang hampir ambruk. ( Baca :http://www.seputarkuningan.com/2018/02/miris-hidup-sebatang-kara-begini.html ).
Salim menjelaskan, rumah Cusrati tersebut baru saja mendapat program pemasangan listrik gratis , sedangkan untuk perbaikan rumahnya akan dilakukan pada akhir Pebruari 2018. " Rumah tersebut telah kami alokasikan dalam program rutilahu tahun 2018. Bukan kami tidak peduli terhadap kondisi Cusrati hanya saja rencananya rumah tersebut pada akhir bulan ini akan kami perbaiki," kata Salim kepada Seputarkuningan.com Sabtu (17/2/2017) di Balai Desa Babakanreuma Kecamatan Sindangagung.
Selama ini, kata Salim Pemdes Babakanreuma telah memperbaiki rumah warganya yang termasuk rutilahu sebanyak 53 rumah. " Hanya saja itu kan dilakukan secara bertahap. Setiap tahun ada 3 rumah yang termasuk rutilahu yang akan kami perbaiki dengan menggunakan anggaran Dana Desa. Nah, salah satunya rumah Cusrati," ujar Salim.
Salim  menjelaskan, dana desa yang dialokasikan untuk rehab rumah warga sangat terbatas karena  dana tersebut tidak hanya digunakan untuk rehab rumah saja. Makanya setiap tahun hanya 3 rumah yang dialokasikan. Salim membantah jika Pemdes Babakanreuma dianggap tutup mata melihat kondisi rumah salah satu warganya.
" Yang harus saya layani itu kan tidak hanya satu warga saja, jadi ada skala prioritas yang akan kami lakukan. Selama ini saya secara pribadi sering membantu Cusrati. Untuk sekarang akan kami prioritaskan perbaikan rumah milik Cusrati," ujar Salim.
Di tempat yang sama, Camat Sindangagung Imam Reapdiantoro membenarkan bahwa rumah milik Cusrati akan diperbaiki pada awal anggaran dana desa tahun 2018. " Karena anggaran dana desa tidak hanya untuk rutilahu saja, maka kebijakan Kades hanya tiga rumah setiap tahunnya yang mendapatkan rutilahu. Untuk rumah milik Cusrati, pada awal anggaran ini akan diperbaiki," imbuh Imam. (Chacha)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.